PELATIHAN DEBAT BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERLANGGA PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Netti Marini Universitas Simalungun
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun
  • Resmi Resmi Universitas Simalungun
  • Rosmeri Sragih Universitas Simalungun
  • Tuti Ariani Nasution Universitas Simalungun
  • Sinur Hutagaol Universitas Simalungun
  • Dea Puspita Universitas Simalungun
  • Devi Puspita Sari Nababan Universitas Simalungun
  • Fheti Wulandari Lubis STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21672

Keywords:

Debat, Bahasa Indonesia, Siswa SMP Swasta Erlangga

Abstract

Debat adalah salah satu materi yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi ini menuntut siswa memiliki keterampilan dan kecakapan dalam berbicara untuk menanggapi suatu permasalahan atau topik tertentu. Debat sering sekali dijadikan ajang perlombaan antar sekolah baik tingkat lokal ataupun tingkat nasional. Pembelajaran debat mempengaruhi keterampilan berbicara karena setiap siswa dituntut untuk aktif dalam memberikan argumennya. Selain melatih kemampuan berbicara pembelajaran debat juga menuntut berfikir kritis baik dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan.Pembelajaran di sekolah menuntut peserta didik untuk mampu melaksanakan debat bahasa indonesia baik secara individu maupun secara kelompok. Selain sebagai materi pembelajaran, debat juga bisa dilombakan atau dipertandingkan. Setiap tahun beberapa lomba debat diadakan, baik tingkat regional maupun nasional. Dengan banyaknya kegiatan tersebut, membuat beberapa sekolah melakukan persiapan dalam bentuk pelatihan debat. Namun beberapa kendala sering dihadapi sekolah dalam melakukan persiapan, di antaranya kurang motivasi dan kepercayaan menggunakan bahasa Indonesia melalui keteramoilan berbicara, terbatasnya pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berbicara, kurangnya motivasi mengikuti lomba debat karena minimnya informasi, dan kurangnya pembimbing. Penelitian ini menggunakan metode diskusi, simulasi dan demonstrasi, dimana pada saat pelatihan berlangsung narasumber akan memberikan materi tentang pengenalan dan pemahaman keterampilan berbahasa lisan keterampilan berbicara, debat dan ruang lingkup debat. Sasaran target yang dihasilkan dan kegiatan pelatihan debat ini yaitu pemahaman tentang debat dan ruang lingkupnya, pengenalan debat ini dalam keterampilan berbicara dapat bermanfaat untuk siswa mengembangkan kemampuannya dalam keterampilan berbicara terkhusus berdebat. Penelitian ini mengaplikasikan data-data sekunder, dimana data ini didapatkan dari berbagai sumber berupa buku dan jurnal yang masih berkaitan dengan judul penelitian ini yaitu Pelatihan Debat Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Erlangga Pematang Siantar, karena jenis penelitian ini adalah studi literatur. Dari penjelasan di atas penulis tertarik untuk membuat pelatihan debat Bahasa Indonesia terhadap siswa kelas VIII SMP Swasta Erlangga Pematangsiantar. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah Siswa kelas VIII SMP Swasta Erlangga Pematang Siantar mampu memahami dan menguasai  berbahasa lisan yang baik dan benar, paham bagaimana cara mengontrol mental saat dihadapkan oleh lawan debat sehingga mampu beraduh argumen dengan tepat, memahami segala ruang lingkup sistematis dalam berdebat, dan mampu berdebat. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan debat Bahasa Indonesia yang awalnya rata-rata nilai kemampuan debat siswa 69,00. Kemudian setelah dilakukan pelatihan debat Bahasa Indoneia nilainya rata-rata kemampuan debat Bahasa Indonesia siswa  meningkat menjadi 85,11. Hal ini berarti 85% siswa sudah mengalami peningkatan kemampuan debat Bahasa Indonesia dan sisanya masih sedikit mengalami kendala karena keterbatasan.

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. 2010.Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dewi, F. U. (2014). Public Speaking kunci sukses bicara di depanpublik.Pustaka Pelajar. Yogyakarta. http://id.wikipedia.org/wiki/Berbicara

Kemendikbud. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Mulyati. Yeti. 2011. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka. Olii, H. (2010). Public Speaking. (L. Evelina, Ed.).Jakarta Barat.

Nasution, Sukma Septian. 2020. Pelatihan Debat Parlementer untuk Meningkatkan Motivasi Santri dalam Berbivcara Bahasa Inggris. Dapat diakses pada https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1943

Qura. Ummul dan Indah Rahmayanti. 2021. Pelatihan Debat Bahasa Indonesia bagi Siswa SMA Muhammadiyah Cileungsi. dapat diakses pada https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/pkm/article/downlod/110/57

Rahmayanti, Indah. 2021. Pelatihan Debat Bahasa Indonesia bagi Siswa SMA Muhammadyah Cileungsi. Dapat di kses pada https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/pkml/article/view/110.

Ramadhani. Dewi Suci. 2022. Pembelajaran Debat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Peserta Didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Debat. Dapat dilihta pada link https://osf.io/cwds3

Siswasih, dkk. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia I. Bekasi: PT Galaxy Puspa Mega.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago dkk. 1998. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

Wiyanto, dan Usul (2003). Debat sebagai Retorika. Semarang: CV Aneka Ilm

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Marini, N., Turnip, B. R. ., Resmi, R., Sragih, R. ., Nasution, T. A. ., Hutagaol, S. ., Puspita, D. ., Nababan, D. P. S. ., & Lubis, F. W. . (2023). PELATIHAN DEBAT BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERLANGGA PEMATANG SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10642–10646. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21672