MITRA KONSULTAN PENDAMPINGAN PENERAPAN IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX PADA UMKM DI KEC. BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21668Keywords:
Pendamping Penerapan, Implementasi, Marketing MixAbstract
Masih rendahnya pengetahuan tentang bagaimana membuat produk yang baik agar diminati oleh para pembeli, promosi yang baik dengan menggunakan sarana yang lebih efektif dan efisien, tempat usaha yang strategis, dengan desain ruang yang membuat kenyamanana bagi para konsumen, harga produk yang yang mungkin sangat kompetitif dipasaran, sehingga konsumen berminat untuk membelinya. Marketing mix adalah dasar dalam menjalankan sebuah bisnis. Pemahaman marketing mix sebaiknya dilakukan oleh pebisnis pemula yang ingin sedang atau menjalankan usaha. Marketing mix adalah strategi dari beberapa unsur untuk menjual produk atau jasa kepada konsumen. Dasar dari marketing mix adalah memastikan pilihan produk, promosi, harga, dan tempat yang tepat dengan tujuan untuk mencapai target penjualan. Dengan adanya implementasi strategi marketing mix dapat membawa manfaat bagi para pelaku UMKM antara lain: produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan konsumen, promosi yang sesuai dengan perkembangan pasar/ digitalisasi marketing, tempat yang layak dan sesuai dengan keinginan konsumen, harga produk sesuai dengan kualiata dan kinerjanya, serta mengimbangi harga dipasaran. Pendampingan dilaksanakan dengan cara memberikan literasi pemahaman tentang pentingnya implementasi strategi marketing mix, antara mendampingi dalam literasi promosi, penentuan harga, lokasi ushaa yang layak, produk yang selalu diminati oleh konsumenReferences
Philip Kotller, G. A. (2016). Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Herman, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfa Beta.
Ciptono, F. (2017). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayu Media Publising.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfa Beta.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang Undang. (2008). Usaha Mikro Kecil Menengah. UMKM.
Manikmas, M. A. (2003). Potensi Pengembangan UMKM Dalam Era Otonomi Daerah. SOCA 3, 1-16.
UKM, K. K. (2005). Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Pembangunan. Surabaya: Kementrian Koperasi & UMKM.
Hamsah M. Jafar. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM). Jakarta: www. smecda.com. Retrieved from www.smecda.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Blasius Manggu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.