IMPLEMENTASI PELATIHAN MODUL PENDIDIKAN PERDAMAIAN UNTUK MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA PADA GURU MI DI SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21663Keywords:
Pelatihan, Modul Perdamaian, Moderasi BeragamaAbstract
Pentingnya kualitas guru menjadi salah satu faktor yang harus menjadi perhatian banyak pihak. Peningkatan kualitas guru harus mendapat perhatian yang serius. Hal tersebut sesuai dengan amanahUU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu guru harus mampu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negarayang demokratis serta bertanggung jawab. Pemaknaan beriman, bertakwa dan berakhlak mulia dapat di maknai berbeda oleh setiap pendidik dan menjadi alasan pembenaran untuk mengajarkan fanatisme pada peserta didik yang akhirnya bisa menumbuhkan bibit intoleransi pada penganut agama lain. Ini akan menjadi masalah yang lebih besar apabila diterapkan oleh seorang pendidik di tingkat pendidikan usia dini. Tujuan utama pengabdian ini adalah untuk mengimplementasikan pelatihan modul pendidikan perdamaian untuk mewujudkan moderasi beragama pada guru MI se Sukoharjo. Tujuan khususnya yaitu untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam mengajar tentang Pendidikan perdamaian pada peserta didiknya untuk mewujudkan moderasi beragama pada guru MI se Sukoharjo. Tahapan metode pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan temuan dari hasil analisis data tersebut membuktikan bahwa implementasi pelatihan modul pendidikan perdamaian berkontribusi positif dalam mewujudkan moderasi beragama pada guru MI se Sukoharjo. Modul 12 nilai perdamaian secara umum merupakan sebuah pedoman yang khusus dirancang guna meningkatkan kompetensi pendidik dalam mengajar tentang Pendidikan perdamaian pada peserta didiknya untuk mewujudkan moderasi beragama pada guru MI se Sukoharjo. Sehingga guru MI mendapatkan pengetahuan mendalam dan perubahan paradigma terkait perdamaian dan sekaligus mendapatkan manfaat praktis cara mewujudkan perdamaian di lingkungan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah masing-masing.References
Abidin, A. Z. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 729–736. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135
Albana, H., Disubmit, A., Direvisi, A., & Disetujui, A. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. 09, 2020–2024.
Fitri Indah Sari, Sutono, S. (2022). Implementasi Pembelajaran PAI untuk Mewujudkan Moderasi Beragama di UPT SMA Negeri 1 Palopo. 2(1), 1–7.
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702
Mas Jerry Indrawan, R., & Widiyanto, B. (2016). Pendidikan Perdamaian Sebagai Bagian Dari Program Deradikalisasi : Sebuah Upaya Pencegahan Gerakan Terorisme Peace Education As a Part of Deradicalization Program : an Effort To Prevent Terrorist Movement. Jurnal Pertahanan,6(1),7598. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=terorisme+melalui+mediasi&oq=#d=gs_qabs&u=%23p%3DRV3fJlqiPRMJ
Masamah, U. (2013). Pesantren dan pendidikan perdamaian. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 21. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.21-39
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Sitania, G. B. S. (2023). Institutio: jurnal pendidikan agama kristen vol. viii no. 2 – juli 2023. VIII(2).
Webel, G. (2018). Studi Perdamaian dan Konflik. Nusa Media. https://www.google.co.id/books/edition/Handbook_Studi_Perdamaian_dan_Konflik/lypaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Teori+pendidikan+perdamaian&pg=PA471&printsec=frontcover
Wibowo, I. T. (2018). Pendidikan perdamaian sebagai strategi dalam pencegahan konflik di sma kolese de britto the peace education as the conflict prevention strategy in de britto college high school. Jurnal Damai Dan Resolusi Konflik, 4(2), 71–92.
Siswanti,I 2020. Menumbuhkan Nilai Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Tokoh Sunan Kudus Dengan Menggunakan Model Project Based Learning | Siswanti | Ijtimaiya: Journal Of Social Science Teaching
https://setara-institute.org/survei-setara-intoleransi-dalam-satu-kelompok-lebih-besar/
https://setara-institute.org/laporan-survei-status-toleransi-siswa-sma-di-jakarta-dan-bandung-raya/
https://www.uinjkt.ac.id/survey-ppim-guru-pai-dukung-pancasila-tapi-dorong- tegaknya-syariatislam/
PPIM, Pelita yang Meredup: Potret Keberagamaan Guru di Indonesia, Jakarta: PPIM, 2018 https://conveyindonesia.com/ppim-2018-survey-uncovering-teacher-intolerance-and- radicalism/
Witrianto, W. 2016. Toleransi Antarumat Beragama Dalam Pandangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Padang. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya,2(1), 372-389.
Casram, C. 2016. Membangun sikap toleransi beragama dalam masyarakat plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 187-198.
Fitriani shofiah,2020. Keberagaman dan tolernasi antar umat beragama.Jurnal studi Keislaman,20(2),179 http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/5489
Cook, T.D., & Campbell, D.T. 1979. Quasi-experimentation: design & analysis issues forfield settings. Boston: Houghton Mifflin Company.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,CV
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ernawati Ernawati, Eny Susilowati, Gadis Deslinda, Dimas Sujoko, Nayla v
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.