PENGUATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN PAUD DENGAN METODE JOLLY PHONICS PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Nia Liska Saputri Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Rina Husnaini Febriyanti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Irfan Hadi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2166

Keywords:

Jolly Phonics Method, Pengajaran Bahasa Inggris, dan Guru Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di TK Islam Amar Ma’ruf yang berlokasi di Jl. Rambutan No.2 Rt.04/10, Kel. Baru, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur untuk membagikan pengetahuan dan informasi mengenai penggunaan metode Jolly Phonics dalam pengajaran bahasa Inggris di pendidikan usia dini dan taman kanak-kanak. Kegiatan yang dilakukan selain memberikan penjelasan secara teoritikal dan praktikal mengenai metode Jolly Phonics juga di perdetail dengan memberikan penjelasan tentang bagaimana mengaplikasikan metode tersebut dengan tehnik yang sesuai dan variasi model pengajaran dari Jolly Phonics Method . Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa pelatihan untuk para guru yang mengajar di TK Islam Amar Ma’ruf Pasar Rebo, Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam pelatihan yaitu Community Language Learning yang mana saling berbagi informasi layaknya seperti konsultan dan klien. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan selama bulan Maret-Juli 2019. Hasil dari kegiatan abdimas para guru dapat menerapkan metode jolly Phonic pada pengajaran di Taman kanak kanak Al Ma ruf. dan dapat  membuat booklet yang diberikan kepada para guru untuk dapat digunakan dalam mengajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode Jolly Phonics.

Author Biographies

Nia Liska Saputri, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Rina Husnaini Febriyanti, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Irfan Hadi, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Bonnie, Dr. (2011). The Scientific Research

Evidence.http://jollylearning.co.uk/2011/04/04/synthetic-phonics-the-scientific-research-evidence/

Ekpo. (2013). Jolly Phonics Strategy And The Esl Pupils Reading Development:

A Preliminary Study.

Efriyenti, D., & Tukino, T. (2020).

Pembinaan Pengelolaan Keuangan Dengan Aplikasi ABSS Accounting Pada UKM Snack dan Cookies di Kota Batam. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (AbdiMas), 2(2), 73-85.

Febriyanti, R. H., Hadi, I., & Saputri, N. L.

(2018, September). Penerapan penggunaan eclectic method dalam pengajaran bahasa Inggris pada guru SDIT dan SMPIT. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Freeman, Diane Larsen.2008. Teachniques and Principles in Language Teaching. China: Oxford University Press

Hergenhahn,B.R & Olson,M.H. an Introduction of theories of Learning. USA. Prentice Hall, Inc.

Hadi, I. (2021). An Error Analysis of Active and Passive Voice Towards English Text of University Students in South Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 9-16.

Hadi, I., & Saputri, N. L. (2020). Representation of Social Criticism in the Documentary Film Netflix: Miss Americana. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 3(3), 567-573.

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019, March). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018) (pp. 266-268). Atlantis Press.

Ling, Jonathan., & Catling, Jonathan. (2012). Psikologi kognitif, Alih Bahasa : Fajar, Noormalasari. Jakarta: Erlangga

Linse T. Caroline. 2006. Practical English Language Teaching Young Learners. New York : Mc Graw Hill

Lloyd, Sue. 2007. The Phonic Handbook: A Handbook of teaching reading, writing and spelling. England: Jolly Learning Ltd

Ruhaena, L. 2008. “Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan BacaTulis Permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada anak Prasekolahâ€. Jurnal Penelitian Humaniora, Volume 9, No.2, Agustus 2008:192-206. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah.

Rosadi, N., & Widiyarto, S. (2020). Character Development for Class IX Students through Critical Reading Activities at MTs Nurul Hikmah and Driewanti Middle School Bekasi, West Java. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8-12.

Richard, Jack C. and Theodore S.Rodgers.2002.Approaches and methods in Language Teaching Second Edition. New York: Cambridge University Press

Saputri, N. L., & Hadi, I. I. (2021). An Analysis Of Idiom Expressions In Novel “Mary Poppins†By Pl Travers. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(1), 14-30.

Santrock, John. (2014). Educational Psychology, Jakarta : PT. Salemba Humanika

Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “english communicative†guna mempersiapkan sdm berkualitas dan “competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.

Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “english communicative†guna

mempersiapkan sdm berkualitas dan “competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.

Widiyarto, S., & Ati, A. P. (2018). Penerapan English communication skill pada siswa SMP.

Abdimas Siliwangi, 1(2), 75-80.

Widiyarto, S., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L., Sartono, L. N., Alifah, S., & Pamungkas, A. (2020).

Downloads

Published

2021-11-07 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Saputri, N. L., Febriyanti, R. H., & Hadi, I. (2022). PENGUATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN PAUD DENGAN METODE JOLLY PHONICS PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 674–682. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2166 (Original work published November 7, 2021)