PELATIHAN DIGITAL PARENTING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN MEDIA ADDICATON (KECANDUAN MEDIA) PADA ANAK DI KELURAHAN SIALANG MUNGGU KOTA PEKANBARU

Authors

  • Abdullah Mitrin Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Rudi Rahman Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • N. Doni Dwi Putra Universitas Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21639

Keywords:

Digital Parenting, Media Literasi

Abstract

Konsumsi media dengan jumlah yang cukup banyak, dengan frekuensi cukup sering dan durasi cukup lama dapat menyebabkan addiction (kecanduan) pada anak dan remaja. Media yang saat ini sangat popular di kalangan anak dan remaja adalah internet. Berbagai layanan tersedia di internet, hal ini membuat anak dan remaja dapat bertahan berlama-lama mengakses internet. Oleh karena itu para orang tua, perlu diberikan pengetahuan dan keterampilan pola asuh digital. Selain itu, para guru juga perlu diberikan kemampuan media literacy terutama keterampilan menggunakan parenting tools sehingga dapat menularkan keterampilan ini kepada orang tua murid atau anggota masyarakat yang lain melalui kegiatan-kegiatan sejenis. Tingkat adopsi gadget saat ini semakin mengkahwatirkan, sehingga perlu langkah-langkah konkret untuk menerapkan pola asuh di era digital, agar anak-anak terhindar dari kencanduan gadget serta terbentuk sikap dan mental yang baik di dalam diri anak. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pendampingan terhadap anak, membatasi pengunaan internet pada anak, menjalankan screen time di Smartphone, serta pengunaan beberapa aplikasi ramah anak seperti youtube kids.

References

Badudu, J.S. dan Zain, Sotan Mohammad. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta

Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi P2LPTK

Herdiyani, Rena (2004), “Dampak Media bagi Remaja Perempuan”, Yayasan Jurnal Perempuan

Update Rating Kualitatif Acara TV Anak dan Remaja, http://www.kidia.org, 25 Juni 2023

Media Literacy, http://www.medialit.org/reading_room/rr2def.php, diakses 16 Juni 2023

Potter, J. 2001. Media Literacy, Sage Publications, USA.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Azanella, L. A. (2020). 9 Daerah di Indonesia yang Terapkan PSBB karena Virus Corona. Kompas.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1-15. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1-12.

Dasopang, M. D., & Lubis, A. H. (2021). Perempuan-Perempuan Tangguh Penjaga Nilai-Nilai Keislaman Anak: Studi Daerah Minoritas Muslim. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 81-92. https://doi.org/10.15548/jk.v11i1.353

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Dini, J. P. A. U. (2021). Persepsi Guru dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Eklesia, R. C., Londa, J. W., & Mingkid, E. (2020). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini di Kelurahan Karombasan Utara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 113-127.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 25-34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Handayani, L., Wijaya, C. S., & Dewi, M. K. (2020). Edukasi Pola Asuh dan Bahaya Penggunaan Gadget. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(1), 1-9.

HeavyRunner, I., & DeCelles, R. (2002). Family Education Model: Meeting The Student Retention Challenge. Journal of American Indian Education, 14(2), 29-37.

Silvia Fardila Soliha dalam https://ejournal3.undip.ac.id diakses tanggal 11 Maret 2023

Yulia Palupi (2015) dalam http://repository.upy.ac.id diakses tanggal 11 Maret 2023

Noviana Dewi dkk (2016) dalam https://jurnal.ugm.ac.id diakses pada tanggal 10 Maret 2023

Sulistyarini, Dhanik & Hestin Oktiani dkk. Peran Perempuan sebagai Agen Literasi Media (Melek Media) dalam Keluarga (Penyuluhan dan Pelatihan bagi para Ibu orang tua murid TK Aisyiah Desa Pagelaran mengenai Strategi Mendampingi Anak Menonton Tayangan di Televisi).

Wardhani, Andy C & Hestin Oktiani dkk. Menumbuhkan Kesadaran Anak Tentang Bahaya Game dan Tayangan Tidak Mendidik (Pembuatan Media Sosialisasi dan Penyuluhan Pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Bandar Lampung.

Aryanti, Nina Y & Hestin Oktiani dkkMenumbuhkan Kecerdasan Konsumsi Media pada Sisiwa dan Guru di SDN 1 Rajabasa Sebagai Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan Anak.

Oktiani, Hestin. Respons user terhadap Content Website Pemerintah Kota Bandar Lampung (Analisis terhadap Respons Dosen FISIP Unila sebagai user terhadap Content Website Pemerintah Kota Bandar Lampung).

UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Mitrin, A. ., Rahman, R. ., & Putra, N. D. D. . (2023). PELATIHAN DIGITAL PARENTING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN MEDIA ADDICATON (KECANDUAN MEDIA) PADA ANAK DI KELURAHAN SIALANG MUNGGU KOTA PEKANBARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10615–10620. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21639