PENERAPAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA PELAKU UMKM DI KABUPATEN KULON PROGO

Authors

  • Fitri Dyah Saraswati Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Tutut Dewi Astuti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21631

Keywords:

Pembukuan Sederhana, Usaha Mikro Kecil Menengah, Kulon Progo

Abstract

UMKM memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan pendistrubusian hasil-hasil pembangunan, serta memiliki peran dalam Pembangunan daerah, penciptaan lapangan kerja, dan pemerataan pendapatan. UMKM di kabupaten Kulon Progo bergerak dalam berbagai jenis usaha, mulai dari industri makanan, industri kain, tanaman hias, dan lain sebagainya. Akan tetapi masih terdapat UMKM yang belum menerapkan pencatatan atau pembukuan dari proses usaha yang mereka jalankan. Padahal, pembukuan atau pencatatan laporan kauangan sangatlah penting untuk dilakukan guna menentukan strategi bisnis dimasa yang akan datang. Guna mencapai tujuan dari pengabdian masyarakat ini digunakan beberapa metode seperti wawancara, pemaparan materi, praktik langsung, dan monitoring serta evaluasi. Hasil dari pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari para pelaku UMKM yang memahami pentingnya melakukan pembukuan sederhana dan mampu melakukan pembukuan untuk usahanya. Selain itu, setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini menyadarkan para pelaku UMKM tentang pentingnya pemisahan transaksi antara keperluan pribadi dengan usaha. Diharapkan dengan dilakukan pelatihan pembukuan sederhana ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka kedepannya.

References

Adelia, S. P. (2023). Penerapan Pembukuan Sederhana Pada Usaha Warung Kelontong Di Desa Kalinongko Kabupaten Purworejo. 2(2).

Arief Arfiansyah, M., & Suminto, E. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Untuk Umkm Sebagai Upaya Ketahanan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al Basirah, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58326/jab.v1i1.3

Meifari, V., Rahma, A., Christina, Erlys, Rahayu, L., Michelle, Adriyansah, M., Elsayani, R., Kurnia, S., Kartini, S., Desfitria, V., & Bagus, Y. (2016). Analisis Pendampingan Penerapan Pembukuan Sederhana Pada UMKM di Desa Kuala Sempang. 05(02), 1–23.

Prativi, A., Agustina, D., & Nasehati, S. (2019). Pelatihan Pembukuan Sederhana UMKM Pada Anggota KSU Hasta Mandiri Kota Magelang. Prosiding Seminar Nasional Mewujudkan Masyarakat Madani Dan Lestari Seri 9, 53(9), 1–5.

Rachma, M. A., & Azhar, R. M. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Sosialisasi dan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana pada UMKM Kampung Kue RW 09 Kelurahan Menur Pumpungan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 88–103.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Saraswati, F. D. ., & Astuti, T. D. . (2023). PENERAPAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA PELAKU UMKM DI KABUPATEN KULON PROGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12013–12017. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21631