PKM LEGALITAS USAHA DAN PACKAGING PRODUK PADA UMKM DI KABUPATEN AGAM

Authors

  • Rose Rahmidani Universitas Negeri Padang
  • Aditya Hanum Widarsa Universitas Negeri Padang
  • Elvi Rahmi Universitas Negeri Padang
  • Armiati Armiati Universitas Negeri Padang
  • Dessi Susanti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.21552

Keywords:

UMKM, Legalitas Usaha, Packaging

Abstract

UMKM mendapatkan perhatian besar semenjak krisis moneter karena UMKM dapat bertahan dengan segala keterbatasan dan kemampuan yang dimilikinya. UMKM yang menjadi mitra dan sasaran program pengabdian pada masyarakat kali ini adalah kelompok UMKM Tani Tanjung Sani. Kelompok UMKM Nagari Tanjung Sani merupakan kumpulan pelaku usaha rinuak dan bada yang tersebar di Nagari Tanjung Sani yang beranggota 20 pelaku usaha. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah daerah pemasaran hasil produksi rinuak dan bada hanya untuk pasar lokal Kabupaten Agam dan sekitarnya. Persoalan krusial lainnya yaitu hasil produksi rinuak dan bada yang kurang menarik karena produk yang sangat berminyak dan belum memiliki merek. Mitra juga belum memiliki legalitas izin SPP-IRT yang sangat diperlukan karena produk terkait dengan produksi pangan yang harus mendapatkan sertifikasi dari Dinas Kesehatan. Dari permasalahan di atas menyiratkan bahwa mitra membutuhkan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk, membuat kemasan dan merek yang menarik dan bagaimana cara pengurusan SPP-IRT. Persoalan lainnya yang juga dialami mitra yang diperoleh dari hasil diskusi dan wawancara ketika tim melakukan observasi ke lokasi mitra yaitu mitra tidak memiliki catatan keuangan untuk memisahkan pembukuan keuangan usaha dengan keuangan rumah tangga. Sehingga mitra kesulitan ketika menentukan laba usaha dan harga pokok produksi. Jadi dapat dikatakan permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah bagian produksi, pemasaran dan keuangan usahanya. Untuk mengatasi masalah mitra ini maka Tim PKM memberikan solusi dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pada bidang produksi yaitu pelatihan diversifikasi produk berbahan ikan dan pelatihan desain merek dan kemasan. Mitra dilatih menciptakan desain merek dan membuat kemasan agar mampu memasarkan produknya secara online baik di media sosial maupun marketplace. Mitra juga dilatih pengetahuan dan keterampilannya tentang legalitas usaha dan manajemen keuangan usaha dengan menggandeng narasumber dan fasitator yang kompeten.

References

Adisetiawan R. Kajian Persepsi Pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Terhadap Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 2017 Mar 14;13(4):162-73.

Apriyanti ME. Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons. 2018 Apr 20;10(1):20-7.

Arham IF. Kajian Lanskap Budaya Lingkar Danau Maninjau Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Astuti T, Mardiah A. Studi Mutu Ikan Rinuak (Psilopsis Sp) Olahan di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Sumatera Barat. Article of Undergraduate Research, Faculty of Fisheries and Marine Science, Bung Hatta University. 2016 Jun 16;9(2).

Baiq Herdina Septika, B.H, Krisnahadi, Tama , Wulandari, Y,E. Analisis Pengaruh Merek Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk UKM Kale Cookie. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan. 2023; 11(1):86-90

Chokwu, B.A, Enudu, T,O: The Impact of Product Packaging on Consumers Purchasing Behavior in Benin Metropolis, Edo State, Nigeria. International Journal of Economics Commerce and Management. 2018;6 (4); 708-725

Fendri ST, Ifmaily I, Syarti SR. Analisis Protein Pada Rinuak, Pensi dan Langkitang dengan Spektrofotometri UV-Vis. Jurnal Katalisator. 2019 Oct 31;4(2):119-24.

Purba DA, Darwis AN, Bathara L. Fish Cultivation Adaptation Strategy Post- occurrence Tubo Balerang in Maninjau Lake Jorong Galapung Nagari Tanjung Sani Tanjung Raya District Agam Regency West Sumatera Province (Doctoral dissertation, Riau University).

Suherlin N, Febristi A. Pemanfaatan Jahe Sebagai Produk Minuman Sehat Di Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jurnal Abdimas Saintika. 2020 May 8;2(1):118-24.

Sutrisno S, Hamdani A. Pengamatan pola stratifikasi di Danau Maninjau sebagai potensi tubo belerang. Limnotek: perairan darat tropis di Indonesia. 2013 Dec 30;20(2).

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Rahmidani, R., Widarsa, A. H., Rahmi, E. ., Armiati, A., & Susanti, D. . (2024). PKM LEGALITAS USAHA DAN PACKAGING PRODUK PADA UMKM DI KABUPATEN AGAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2489–2496. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.21552