E-COMMERCE UNTUK USAHA KECIL: MEMULAI BISNIS ONLINE ANDA SENDIRI

Authors

  • Budi Witjaksana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Christ Windreis STMIK Dharmapala Riau
  • Hendra Kasman STMIK Dharmapala Riau
  • Wetri Efita STMIK Dharmapala Riau
  • Bahtiar Efendi Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah Di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21545

Keywords:

Pelatihan Bisnis Online; E-commerce, Usaha Kecil.

Abstract

Pelatihan ini merupakan pelatihan e-commerce untuk usaha kecil bagi para pelaku bisnis online. Kegiatan suatu proses penting dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan individu atau kelompok dalam konteks pelaku bisnis pemula yang akan memulai bisnis mereka dengan memanfaatkan e-commerce. Dalam merencanakan pelatihan, tahapan-tahapan kunci termasuk identifikasi tujuan, penyusunan materi, rekrutmen peserta, persiapan logistik, dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan platform online digital seperti Zoom Cloud Meeting dan link video YouTube. Hasil dari pelatihan mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, perubahan perilaku, perubahan dalam organisasi, dan dampak positif pada masyarakat. Evaluasi dan umpan balik berperan penting dalam mengukur keberhasilan pelatihan. Pelatihan merupakan investasi berharga dalam pengembangan individu dan kelompok, mendukung pertumbuhan, inovasi, dan pencapaian potensi penuh peserta. Dengan perencanaan yang cermat, pelatihan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta dan organisasi yang terlibat.

References

Aco, A., & Endang, H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1).

Andriyanto, I. (2019). Penguatan daya saing usaha mikro kecil menengah melalui e-commerce. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 6(2), 87-100.

Budianto, A. E. (2020). Analisis Bisnis E-Commerce. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114-133.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085(1375), 161-171.

Muhsin, A. (2014). Aplikasi Technopreneurship Untuk Mengembangkan Industri Kecil Melalui Penggunaan Teknologi E-Commerce Berbasis Content Management System Studi Kasus Pada UKM Mandiri Gypsum. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 10(2).

Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94-105.

Pramudiya, H. E., Handarkho, Y. D., & Rahayu, F. S. (2015). Pengimplementasian CRM Pada Pembangunan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus: Dolanan Puzzle). Jurnal Buana Informatika, 6(4).

Ramadhani, F., & Arifin, Y. (2013). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi komunikasi berbasis e-commerce sebagai media pemasaran usaha kecil menengah guna meningkatkan daya saing dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2).

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.

Sudaryono, S., Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 110-124.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.

Wibowo, E. A. (2014). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 1(1).

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Witjaksana, B. ., Windreis, C. ., Kasman, H. ., Efita, W. ., & Efendi, B. . (2023). E-COMMERCE UNTUK USAHA KECIL: MEMULAI BISNIS ONLINE ANDA SENDIRI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10497–10505. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21545