MENINGKATKAN PENDAPATAN DENGAN MEMANFAATKAN WAKTU LUANG UNTUK MEMPRODUKSI CAIRAN PEMBERSIH LANTAI BAGI IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN TEMBALANG KECAMATAN TEMBALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21543Keywords:
Pembersih Lantai, Ibu Rumah Tangga, Tambahan PendapatanAbstract
Kelurahan Tembalang adalah salah satu kelurahan di Kematan Tembalang. Kelurahan ini memiliki 35 Rukun Tetangga & 8 Rukun Warga. Ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Tembalang menginginkan tambahan pendapatan dengan waktu luang yang mereka punyai, dan itu dapat diperoleh dengan salah satu cara yaitu menghasilkan barang yang bernilai jual. Pembuatan Cairan Pembersih lantai merupakan salah cara untuk mendapatkan tambahan pendapatan di waktu luang.Pembuatan produk ini tidak memerlukan biaya yang besar dan waktu yang relatif singkat. Peserta yang mengikuti Pengabdian Kepada masyarakat sejumlah 25 Ibu rumah Tangga dengan metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah dengan melalui penyuluhan dan pelatihan pembuatan cairan pembersih lantai.Selain memberi penyuluhan dan pelatihan juga diajarkan bagaimana menghitung harga pokok bagi pembuatan cairan pembersih lantai ini. Ibu- ibu rumah tangga yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan pembuatan cairan pembersih lantai dapat meluangkan waktu dengan membuat produk tersebut. Perhitungan Harga Pokok Penjualan ( HPP ) juga diberikan sehingga mereka bisa menentukan HPP serta menentukan harga jual. Dengan bisa membuat cairan pembersih lantai ini ibu rumah tangga bisa mendapatkan tambahan pendapatan.References
Abu Huraerah. (2008). Pengorganisasian dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung:
Anwas, Oos M. (2003). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.
Alma, B. (2013). Kewirausahaan; cetakan Ke-19. Bandung: Alfabeta.
Ayodya.W (2019). Produk kreatif dan kewirausahaan. Jakarta : Erlangga
Budiyanto , 2017 , Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Kolon Progo Yogyakarta.
Garuda Nusantara Press.
Dedi, Supriadi. 2005. Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung : CV DWI RAMA. Departemen Pendidikan Nasional
Humaniora. Anwar. (2007). Manajemen Pemberdayaan Perempuan. Bandung: Alfabeta.
Hudaya Latuconsina,( 2014), Pendidikan Kreatif: Menuju Generasi Kreatif & Kemajuan Ekonomi, Gramedia Pustaka Utama.
Ilhamsyah. (2020). Pengantar Strategi Kreatif Advertising Era Digital, Yogyakarta : CV Andi Offset.
Kim Minjeong, ( 2022) 50 Ide Bisnis, Jakarta, Anak Hebat Indonesia
Mardikanto, Totok dan Poerwoko, Soebiato (2015). Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alfabeta
Muazar Habibi, (2015) . Kreativitas dan pengembangannya , CV Budi Utama , Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurhidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.