IMPLEMENTASI NILAI MORAL PANCASILA PADA POLA ASUH ANAK PANTI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21483Keywords:
Moral, Karakter, Pancasila, Pola Asuh.Abstract
Tujuan utama pengabdian masyarakat ini dalam rangka penerapan dan desiminasi hasil model pembelajaran dan pelatihan berbasis moral yang diterapkan dalam pola asuh anak panti asuhan. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai karakteristik nilai moralitas berbangsa dan bernegara diimplemetasikan dalam bentuk gaya hidup sebagai pedoman dan aturan yang dinormalisasikan, diantaranya: kedisiplinan, tanggung jawab, empati dan kejujuran. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan responden sebanyak 3 orang pengasuh dan 25 orang anak asuh. Adapun lokasi pengabdian ini bertempat di Panti Asuhan Nurul Mubin di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Hasil menunjukkan bahwa respon yang diberikan oleh subjek melalui empat tahapan proses:1) Integrasi nilai-nilai moral pancasila, 2) Equiblirasi informasi, 3) Adaptasi, dan 4) Penerimaan. Urgensi dalam mengimplementasikan pola asuh yang berdasar pada nilai moral sebagai dasar membentuk karaker dan kepribadian anak ini menjadi hal yang sangat penting karena memberikan dampak yang positif di berbagai aspek kehidupannya terutama dalam aspek sosial dan lingkup pendidikannya. Sehingga dapat terjadi pergeseran pola pikir bagi anak panti asuhan yang awalnya merasa rendah diri atau tersisihkan dari anak-anak lain dengan status sosial yang berbeda menjadi lebih percaya diri dan memiliki karakter baik berdasarkan nilai-nilai Pancasila.References
Adawiyah, N., & Ramadhan, F. (2021). PERWUJUDAN NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK MORAL ANAK DI ERA DIGITAL: Study Literature (Vol. 2).
Barus, M. I., & Rahma, A. (2022). Penerapan Pola Asuh Anak Pada Panti Asuhan Siti Aisyah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 935. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1225
Dariyo, A. (2006). Psikologi Perkembangan Atitama. Refika Aditama.
Eunice, J. A., Dwishintaria, J., Dharmawati, S., & & Suparman, M. Y. (2023). MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENGASUH PERIHAL POLA PENGASUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN X. Serina Abdimas, 1(3), 1094–1101.
Gusniwar, E., & Satria, R. (2022). Pola Asuh di Panti Asuhan Nurul Hikmah Padang. An-Nuha. An-Nuha, 2(2), 437–442.
Hermenau, K., Eggert, I., Landolt, M. A., & Hecker, T. (2015). Neglect and perceived stigmatization impact psychological distress of orphans in Tanzania. European Journal of Psychotraumatology, 6(1). https://doi.org/10.3402/ejpt.v6.28617
Khan, T. F., & Jahan, M. (2015). Psychological Well-Being and Achievement Motivation Among Orphan and Non-Orphan Adolescents of Kashmir. Indian Journal of Health and Wellbeing, 6(8), 769–773.
Lestari Anugrahwati, K., & Sri Wiraswati, A. A. K. (2020). Pentingnya Penerimaan Diri Bagi Remaja Panti Asuhan Islam. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 107–122. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art4
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Nashihin, H. (2019). Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara.
Nashihin, H. (2022). KONSTRUKSI PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS TASAWUF-ECOSPIRITUALISM. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 1163–1176.
Nurhajarurahmah, S. Z., & Arsyad, N. (2022). Training Model with Integrated Moral as a Mathematics Training Teacher ’ s Model ( PGBM Model ). Himalayan Journal of Humanities and Cultural Studies, 3(5), 36–39.
Preskila, E., & Jatmiko, B. (2020). Keluarga Harmonis berdasarkan Kolose 3:18-21 dan Pengaruhnya terhadap Etika Pergaulan Anak. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 153. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.345
Putri Salsabila, A., Hafidz, D. R., & Pdi, M. (2022). Implementasi Parenting Style Dalam Membina Moral Remaja (Studi Kasus: Panti Asuhan Tirtonugroho Tirtomoyo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Salenussa, M. N., & Soetjiningsih, C. H. (2022). POLA ASUH OTORITER (AUTHORITARIAN PARENTING) DAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA DI SALAH SATU SMA DI MALUKU TENGAH. Urnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 1085–1092.
Somantri, A., & Rifai, A. (2021). Pola Pendidikan Moral di Panti Asuhan: Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 70–80. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.287
Wulandari, Y. (2012). The nation’s character building through value education. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 St Zulaiha Nurhajarurahmah, Khairunnas Khairunnas, Ummu Rofikah, Syafruddin Syafruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.