PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MELALUI WEBINAR INTERAKTIF

Authors

  • Fini Widya Fransiska Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Eka Melati Institut Teknologi Mitra Gama
  • Hidayah Hidayah Universitas Terbuka
  • Desi Wijayanti Ma'rufah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Haryanto Haryanto Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Yulian Purnama UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21433

Keywords:

Inggris, Webinar Interaktif, Peningkatan Kompetensi.

Abstract

Abstrak ini membahas pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan kompetensi bahasa Inggris di kalangan dosen, mahasiswa, dan guru melalui penyelenggaraan webinar interaktif. Topik ini dipilih karena bahasa Inggris menjadi keterampilan kunci dalam menghadapi tantangan global. Metode penelitian melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi webinar menggunakan aplikasi Zoom pada tanggal 26 Agustus 2023, dengan partisipasi 33 peserta dari berbagai latar belakang. Webinar mencakup berbagai aspek bahasa Inggris, seperti keterampilan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca, dengan pendekatan pembelajaran yang interaktif. Melalui analisis hasil, peserta berhasil meningkatkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris mereka, menciptakan lingkungan belajar inklusif, dan mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Dukungan finansial dari instansi tertentu menjadi kunci keberhasilan kegiatan ini.

References

Berutu, W. Y. N. (2019). Analisis Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Umsu.

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/14784

Hita, I. P. A. D., Dewi, K. A. K., Pranata, D., Ariestika, E., & Indrawan, I. K. A. P. (2023). Status Gizi Dan Lingkat Perut: Apakah Memiliki Pengaruh Terhadap Tekanan Darah? Jurnal Marathon, 1(1), 15–28.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.2988

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47.

Pratiwi, U. N., Sulianto, J., & Artharina, F. P. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas V Sd Negeri Wonomerto 01 Batang. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 2(1), 100–111.

Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. P., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas V Di Sdlb-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 81–91.

Riwayatiningsih, R., Wicaksono, A., Khoiriyah, K., Sulistyani, S., & Puji, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris Di Kediri Melalui Pelatihan Public Speaking. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 112–118.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.13044

Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter Pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2), 251–263. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V7i2.3085

Wira, I. K. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dengan Model Addie Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket Peserta Didik Kelas Xi Smk Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021 [Universitas Pendidikan Ganesha]. Https://Repo.Undiksha.Ac.Id/11693/

Yahya, Z., & Hidayati, F. (2014). Analisis Kompetensi Terhadap Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen Uin Sultan Syarif Kasim Riau). Kutubkhanah?: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1).

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Fransiska, F. W. ., Melati, E. ., Hidayah, H., Ma’rufah, D. W. ., Haryanto, H., & Purnama, Y. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MELALUI WEBINAR INTERAKTIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10276–10281. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21433