PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN XR BAGI GURU SEKOLAH REPUBLIK INDONESIA TOKYO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21321Keywords:
Media Pembelajaran XR, Pembelajaran Kreatif, PelatihanAbstract
Pengabdian Masyarak at sudah dilaksanakan di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang terletak di Meguro Jepang. Permasalahan yang dihadapi adalah tentang memanfaatkan media pembelajaran digital dan pembelajaran kreatif. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan guru tentang pembelajaran kreatif serta mampu mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar dan meningkatnya ketrampilan guru dalam membuat media pembelajaran dengan teknologi XR. Untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan memberi informasi kepada guru bagaimana melaksanakan kegiatan pembelajaran kreatif. Kegiatan pelatihan berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan teknologi XR. Kegiatan pendampingan berupa mendampingi implementasi pembelajaran kreatif dan pembuatan media pembelajaran dengan teknologi XR. Peran serta AUM adalah mengkomunikasikan ke Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).Target luaran dari kegiatan PPM ini adalah satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui proceeding yang ber ISBN, satu artikel yang diterbitkan Koran Kedaulatan Rakyat online, Video penyampaian materi pembelajaran kreatif dan cara membuat media pembelajaran dengan teknologi XR yang diunggah di youtube LPPM UAD, juga peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra. Adapun keterkaitan dengan AIK adalah setiap kegiatan diawali dengan membaca doa.References
A. Ramli, “Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran”, Lantanida Journal, Vol. 4 No.1, 2016
F. Yani, S. Nana, Z. S. Mia, “Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar”, J. Kependidikan, vol 7, No. 1: Maret 2021
N. Wan, “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran”, Lentera, J. Diklat Keagamaan Padang. Vol. 5, No. 1, 2020.
Nurjanah, dkk. “Pelatihan Media Digital Whiteboard Animation pada Guru PAUD dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0” Jurnal Pengabdian Masyarakat Humanism, Vol. 3 No. 2, 2022.
N. Rini, Z. H. Syaiful, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK”, J. Universitas Labuhanbatu, vol. 8 No. 1, 2020
R. A. Dzulfiqar, Sutama, Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pendemi Covid-19”, Journal of Informatics and Vocational Education, Vol. 3, No.2, 2020
S. Panut, R. Intan, “Kreatoivitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar”, J. Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 2, 2017.
Somba, Saraswati, “Pelatihan Metode Pembelajaran MASAK (Mudah, Asyik, Santai, Aktif, Kreatif) terhadap Penguasaan Kosakata dan Mendengarkan Bahasa Inggris Guru PAUD RA Bintang Sembilan Cipayung Depok”, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. ISSN: 2614-574X, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tri Kuat; Purnawan Purnawan; Fitri Nur Mahmudah, Herman Herman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.