KEBIJAKAN PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN DILEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21277Keywords:
Metapolicy, Esensi, Stakeolder, Vintervensi.Abstract
Artikel ini akan menjelaskan Kebijakan Pendidikan di Indonesia, dimulai pengertian kebijakan, Perumusan kebijakan pendidikan berkaitan dengan metapolicy, Analisis kebijakan persfektif esensi nilai, Filosofi kebijakan, Macam macam pendekatan dalam perumusan kebijakan pendidikan dan Analisis kebijakan pendidikan sebagai pendekatan deilematis dan kebijakan public. Pendekatan yang digunakan dalam paparan ini bersifat deskriptif dengan mengacu pada peraturan yang berlaku saat ini, tulisan para pakar pendidikan dan teori-teori yang sesuai. Artikel ini memberikan gambaran tentang Kebijakan Pendidikan di Indonesia yang selanjutnya dapat dijadikan pijakan penelitian yang lebih mendalam dan komprehensif. Jika dilihat tantang pendidikan yakni bagaimana mepertahankan hasil yang telah dicapai, meningkatkan sumber daya manusia untuk dapat bersaing di abad 21, serta bagaimana menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan era 4.0.Dalam dunia pendidikan, bagaimana peran serta masyarakat dan meningkatkan peran sekolah dalam pengelolaan pendidikan merupakan hal penentu dalam tercapainya kualitas lulusan yang lebih baik. Manajemen Berbasis Data (MBD) adalah salah satu upaya untuk meningkatkan peran sekolah dan masyarakat sekitar (stakeholder). Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.References
Anwar, M. E. (2014). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 03, 483–496.
Ardyansyah, D. (2010). Kebijakan Publik sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK, 2(3), 78–91.
Arwildayanto, Dr. Arifin Suking, W. T. S. (2018). Analisis Kebijakan Pemerintah.
Dian, Qomaruzzaman, B., Wulandari, R., Suhendra, R., Sutisna, & Sovian. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan (Kajian Aplikatif Pendidikan Islam di Indonesia.
Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Farkhan, A., Rahmah, A., Alwatasi, U., & Setiawan, F. (2022). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1921. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1354
Hastuti, T. P., & Soehartono, S. (2018). Kebijakan Pendidikan Di Tinjau Dari Segi Hukum Kebijakan Publik. Jurnal Jurisprudence, 8(1), 34–41. https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v8i1.6293
KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN PUBLIK Mada Sutapa *). (n.d.). 1–9.
Khairi, H. (2003). Konsep_Dasar_Kebijakan. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka, 1–30.
Meutia Fitri, Intan, P. . (2017). Analisis Kebijakan Publik. Analisis Kebijakan Publik, April, 1–215.
Muharnis, M., & Fadriati, F. (2023). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Nasional. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 49. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.12677
Soeharto, K. (2010). Perdebatan Ideologi Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 134–146. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.334
Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178.
Sudiyono, S. (2017). Esensi Nilai Dalam Perspektif Kebijakan. Dinamika Pendidikan, 1(1), 131–141.
Sulastini, R. (2018). Reposisi Filosofi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran. INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 113–128. https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2010
Wisarja, I. K., & Sudarsana, I. K. (2017). Refleksi Kritis Ideologi Pendidikan Konservatisme Dan Libralisme Menuju Paradigma Baru Pendidikan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 283. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.11925
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sudirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.