SISTEM PEMBELIAN ALAT TULIS KANTOR PADA KPP PRATAMA KARAWANG UTARA

Authors

  • Dede Nurrahman Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2126

Keywords:

Perancangan Sistem, Sistem Informasi, Pembelian

Abstract

KPP Pratama Karawang Utara merupakan unit kerja dari Direktorat Jenderal Pajak yang melaksanakan pelayanan di bidang perpajakan kepada masyarakat. Tugas Utama dari KPP yaitu melaksanakan penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan kepada Wajib Pajak. Sistem pengelolaan alat tulis kantor (ATK) pada KPP Karawang Utara masih dilaksanakan secara konvensional, dengan demikian kesalahan dalam penyampaian informasi masih sering terjadi. Kesalahan informasi tersebut, mengakibatkan lambatnya pembuatan laporan rencana pembelian Alat Tulis Kantor (ATK) untuk persediaan yang akan datang. Dari permasalahan tersebut, penulis membuat rancangan sistem informasi berbasis objek dengan metode waterfall. Sistem Pembelian ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengolah data pembelian. Hasil dari riset ini, dengan aplikasi yang dibuat memudahkan karayawan dalam memonitoring pembelian alat tulis kantor pada kpp pratama karawang utara. Hasil monitoring yang dilakukan melalui aplikasi ini membuat efisien dan eketif dalam mengatur jumlah alat tulis kantor yang harus dibeli dan berapa jumlah alat tulis kantor yang habis. Dengan monitoring alat tulis kantor melalui aplikasi ini menghemat penggunaan dana untuk pengeluaran pembelian alat tulis kantor.

Author Biography

Dede Nurrahman, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

References

Lubis, B. O. (2016). Penerapan Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi. Informatika, 3(September), 234–245.

Nurrahman, D., Tabrani, M., & Ardiansyah, D. (2018). Optimasi Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku Pada Pizza Hut Karawang. 1, 84–90.

Sukamto A, R., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek (Cetakan Ke). Informatika Bandung.

Tohari, H. (2017). Astah (Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekata Uml) (S. Wibowo (Ed.)). Cv. Andi Offset.

Downloads

Published

2021-10-13 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Nurrahman, D. (2022). SISTEM PEMBELIAN ALAT TULIS KANTOR PADA KPP PRATAMA KARAWANG UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 585–590. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2126 (Original work published October 13, 2021)