SOSIALISASI PENINGKATAN KUALITAS KEMASAN PRODUK PADA PENGRAJIN TAHU DAN TEMPE DI PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21252Keywords:
Kualitas Kemasan,Tahu, TempeAbstract
Strategi untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk yaitu dengan memperbaiki tampilan kemasan produk itu sendiri. Hal ini selain dapat mempertahankan kualitas produk tetapi juga dapat menjadi media promosi produk Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada mitra pengrajin tahu dan tempe di Purwakarta, adalah untuk membantu meningkatkan nilai jual produk tahu dan tempe. Metode yang digunakan pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan memberikan penyuluhan langsung di lokasi mitra dengan memberikan paparan cara meningkatkan kualitas kemasan produk tahu dan tempe yang diproduksi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengusulkan pada tiga aspek solusi yaitu memperhatikan kualitas kemasan yang berkaitan dengan kebersihan tahu dan tempe yang dijual, menjaga ketahanan tahu dan tempe yang dijual dengan kemasan yang baik, menambahkan identitas produk pada kemasan untuk menambah nilai jual produk. Respon dari mitra sangat senang dengan adanya kegiatan ini.References
Bangsawan, Satria and MS, Mahrinasari (2018), “Efek Pengetahuan pada Sikap dan dampaknya pada Niat Pembelian Produk Hijau”, Laporan Riset, Mandiri, 2018.
Priherdityo, Endro. 9 September 2016, “ Survei: Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Makanan Sehat,” CNN Indonesia, Diakses dari: https//.m.cnnindonesia.com.
Rosalina, Y., Alnopri, A., & Prasetyo, P. (2012). Disain Kemasan Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Madu Bunga Kopi Sebagai Produk Unggulan Daerah. Jurnal Agroindustri, 2(1), 8–13
Satria Bangsawan (2021) Pengembangan Kemasan Zero Plastic serta Label Sehat-Halal Produk Tahu dan Tempe. STABEK 4. 2021
Tanjung, R. H. R., & Maury, H. K. (2018). Pelatihan Pengolahan dan Pengemasan Pangan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi Produk Pertanian di Kampung RhepangMuaif. Jurnal Pengabdian Papua, 2(1), 32–38.
Theopilus, Y., Damayanti, K. A., Yogasara, T., & Ariningsih, P. K. (2018). Pengembangan Kemasan Makanan untuk Menghasilkan User Experience yang Positif: Studi Kasus pada Salah Satu UMKM Makanan di Kota Bandung. Jurnal Ergonomi Dan K3, 3(2),9–16. https://doi.org/10.5614/j.ergo.2018.3.2.2
Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Habibah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.