PELATIHAN PENGGUNAAN CONCEPT CHECKING QUESTIONS DALAM PEMBELAJARAN GRAMMAR

Authors

  • Jeny Lekatompessy Universitas Pattimura
  • Helena Magdalena Rijoly Universitas Pattimura
  • Hellien Jacqualine Loppies Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21211

Keywords:

Pelatihan guru, Concept Checking Question, Teknik Mengajar, Grammar

Abstract

Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNPATTI menitikberatkan kepada salah satu ketrampilan/Teknik mengajar grammar yang dapat diaplikasikan ke dalam berbagai pengajaran materi lainnya. Program PKM bertajuk pelatihan penggunaan Teknik Concept checking questions dalam proses pengajaran Grammar. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui workshop online kepada guru-guru Bahasa Inggris di Kab. Maluku Tengah. Bekerja sama dengan Mitra dan jejaring guru, maka pelatihan ini diikuti oleh 27 peserta guru yang terdiri dari guru-guru Bahasa Inggris dari Maluku Tengah dan beberapa guru dari Kota Ambon, Papua dan juga NTT. Kuesioner pra-workshop menunjukan bahwa 80% peserta merasa grammar cukup sulit diajarkan di kelas dan 91,3% peserta memandang grammar sebagai hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh pembelajar Bahasa asing dalam hal ini Bahasa Inggris. Hasil evaluasi pasca workshop menunjukan bahwa peserta mengaku bahwa Concept Checking Question adalah materi yang baru pernah mereka pelajari dan akan sangat membantu mereka dalam proses belajar mengajar di kelas. Peserta juga berkomitmen untuk mencoba menggunakan Concept Checking Question dalam Proses Belajar mereka dikelas, baik untuk pengajaran Grammar maupun materi lainnya.   

References

Florkowska, K. (2018). The Use of Concept Checking Questions in the EFL Classroom: Reflections on the CELTA Experience. London, UK: Kingston University .

Harmer, J. (2007). How to Teach English. Harlow: Pearson Education Lts.

Husnawan, A. (2021). The Error Analysis on The Use of English Articles Produced by Eighth Grade Students of SMPN1 Waesala in Writing Descriptive Text. Ambon: English Education Study Program, FKIP Unpatti (Unpublished Skripsi).

LekatompessY, J., Lekatompessy, F. M., Lekawael, R. F., & Manuputty, R. (2022, November 30). PELATIHAN PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP/SMA DI KABUPATEN MALUKU TENGGARA. Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan Seni, 2(1), 129-134.

Marthen, I. (2021). ANALYSIS OF GRAMMAR ERROR IN STUDENTS ORAL SELF INTRODUCTION. Ambon: English Education Study Program, FKIP Unpatti (Unpublished Skripsi).

Masruddin. (2019, August). Omission: Common Simple Present Tense Errors in Students' Writing of Descriptive Text. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 6(1), 30-39. doi:https://doi.org/10.30605/ethicallingua.v6i1.1114

Monica, Nikijuluw, R. C., & Rijoly, H. M. (2022). PELATIHAN DAN SIMULASI TES KOMPETENSI BAHASA INGGRIS (TOEFL) BAGI GURU, MAHASISWA, DAN UMUM DI AMBON, ARU DAN MBD. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(1), 159-166. doi:10.30598/gabagabavol2iss1pp159-166

Nanulaitta, C. F. (2019). An Error Analysis on the Use of Regular and Irregular Verbs in Writing Narrative Paragraph at Eleventh Grade of SMA N 5 Ambon. Ambon: English Education Study Program, FKIP Unpatti (Unpublished Skripsi).

Pattiradjawane, J. (2018). Error Analysis on the Use of Preposition on Students' Free Writing Paragraph (A Case Study at Eleventh Grade of SMA YPKPM Ambon). Ambon: English Education Study Program, FKIP Unpatti (Unpublished Skripsi).

Patty, J., Loppies, H. J., & Ferdinandus, M. S. (2022, November 11). PENGUATAN KAPASITAS GURU BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN DIAGNOSTIC TEACHING MODEL (DTM). Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan Seni, 2(1), 120-123.

Rijoly, H. M., & Patty, J. (2021). Pemahaman Penerapan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) bagi Guru-Guru di Kec. Salahutu Kab. Maluku Tengah. Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 1(2), 49-55.

Souisa, T. R., & Yanuarius, L. (2020, December). Teachers strategies on teaching grammar: Facts and expectations of senior high school teachers at Ambon. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 1121-1127. doi:10.11591/ijere.v9i4.20643

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah Yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. Dialetika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 8(1), 30-41.

Thanh, H. N. (2016). Using Timelines and Concept Questions in Teaching Present Tenses: A Theoretical Research. International Journal of Multidisciplinary Academic Research, 4(3), 247-34.

Thornbury, S. (2002). How to Teach Vocabulary. Edinburg: Pearson Education Ltd.

Wayong, P. O. (2021). Error Analysis on the Use of Simple Past Tense in Students Narrative writing at English Educational Study Program. Ambon: English Education Study Program, FKIP Unpatti (Unpublished Skripsi).

Workman, G. (2005). Concept Questions and Time Lines. Cambridge: Chardburn Publishing.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Lekatompessy, J., Magdalena Rijoly, H., & Jacqualine Loppies, H. . (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN CONCEPT CHECKING QUESTIONS DALAM PEMBELAJARAN GRAMMAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11712–11716. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21211