MEMBANGUN KARAKTER WARGA NEGARA YANG BERTANGGUNG JAWAB MELALUI UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI STKIP PGRI SUKABUMI

Authors

  • Muhammad Fajar Firdausyi STKIP PGRI Sukabumi
  • Heri Ginanjar STKIP PGRI Sukabumi
  • Wawan Hermawan STKIP PGRI Sukabumi
  • Ninik Dwiana Riani STKIP PGRI Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.21183

Keywords:

Karakter, Kewarganegaraan, Tanggung Jawab, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sukabumi dengan judul “Membangun Karakter Warga Negara yang Bertanggung Jawab.” Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial, integritas dan partisipasi aktif mahasiswa dalam membentuk karakter warga negara yang bertanggung jawab. Pendekatan pengabdian dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, seminar, dan program pengembangan diri yang dirancang untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan tanggung jawab sosial. Melibatkan mahasiswa sebagai agen perubahan, kegiatan ini juga menciptakan iklim partisipatif dan kolaboratif antara mahasiswa dan masyarakat sekitar. Metode penilaian dampak meliputi evaluasi partisipasi siswa, perubahan perilaku, dan respon masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan. Dengan fokus pada pengembangan karakter, diharapkan hasil pengabdian ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun generasi pelajar yang tidak hanya unggul secara akademis namun juga memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi sebagai warga negara yang bertanggung jawab. Artikel ini menguraikan proses pelaksanaan, hasil dan implikasi pengabdian masyarakat untuk mendukung pengembangan karakter warga negara yang bertanggung jawab di lingkungan kampus STKIP PGRI Sukabumi.

References

Amabile, T. M. (1996). Creativity in context: Update to the social psychology of creativity. Boulder, CO: Westview Press.

Astin, A. W., & Sax, L. J. (1998). How undergraduates are affected by service participation. Journal of College Student Development, 39(3), 251-263.

Beatty, M. J., Lee, M. C., & Kaczynski, A. T. (2010). Adaptation of the Communication Skills Inventory for use in interpersonal communication training of pharmacy students. American Journal of Pharmaceutical Education, 74(10), 184.

Berkowitz, M. W. (2012). "Character Development in Schools and Beyond." In The Wiley Handbook of Social Studies Research (pp. 563-578). Wiley.

Bringle, R. G., & Hatcher, J. A. (1996). Implementing service learning in higher education. The Journal of Higher Education, 67(2), 221-239.

Colby, A., & Damon, W. (1992). Some Do Care: Contemporary Lives of Moral Commitment. Free Press.

Eyler, J., & Giles, D. E. (1999). Where's the learning in service-learning? San Francisco: Jossey-Bass.

Eyler, J., & Giles, D. E. (1999). Where's the learning in service-learning? San Francisco: Jossey-Bass.

Furco, A. (1996). Service-learning: A balanced approach to experiential education. In B. Taylor (Ed.), Expanding boundaries: Serving and learning. Washington, DC: Corporation for National Service.

Howard, J. (2001). Service-learning research: Educational outcomes and future directions. In J. C. Kendall, & Associates (Eds.), Combining service and learning: A resource book for community and public service (pp. 227-252). National Service Learning Clearinghouse.

Howard, J. (2001). Service-learning research: Educational outcomes and future directions. In J. C. Kendall, & Associates (Eds.), Combining service and learning: A resource book for community and public service (pp. 227-252). National Service Learning Clearinghouse.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory into Practice, 38(2), 67-73.

Juliati, J., Hermawan, W., & Firman, M. (2019). Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana untuk meningkatkan kesadaran hidup yang lebih baik bagi sesama. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 29-37.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam.

Narvaez, D., Lapsley, D. K., Hagele, S., & Lasky, B. (2006). Moral chronicity and social information processing: Tests of a social cognitive approach to the moral personality. Journal of Research in Personality, 40(6), 966-985.

Septiana, T. (2020). Pembelajaran bela negara dalam pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya membina semangat nasionalisme mahasiswa STKIP PGRI Kota Sukabumi. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 18(2).

Stanton, T. K., Giles, D. E., & Cruz, N. I. (1999). Service-learning: A movement's pioneers reflect on its origins, practice, and future. San Francisco: Jossey-Bass.

Suswandy, S., Firman, M., Juliati, J., & Anugrah, A. W. (2020). Partisipasi Politik Anak Muda dalam Organisasi Aktivis Online: Dampaknya pada Perubahan Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Firdausyi, M. F. ., Ginanjar, H. ., Hermawan, W. ., & Riani, N. D. . (2021). MEMBANGUN KARAKTER WARGA NEGARA YANG BERTANGGUNG JAWAB MELALUI UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI STKIP PGRI SUKABUMI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1307–1313. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.21183