MEMBANGUN MINAT BACA ANAK MELALUI POJOK LITERASI DI SDN 1 DESA DANAU PANTAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21129Keywords:
Minat Baca; Perpustakaan; Pojok Literasi.Abstract
Minat membaca di indonesia berada pada peringkat di bawah rata-rata, terutama para siswa-siswi di Desa Danau Pantau. Hal tersebut dikarenakan kurang memanfaatkan perpustakaan disekolah dan kurang koleksi buku bacaan. Karena hal itu, siswa-siswi di sekolah dasar SDN 1 Desa Danau Pantau kurang berminat membaca ke perpustakaan. Adapun pelaksanaan dalam kegiatan ini menggunakan metode sosialisasi untuk meningkatan minat baca dan pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan secara bertahap diantaranya, pembukaan dan pengenalan program, sosialisai pojok literasi dengan membaca yang dimulai dari buku-buku yang menarik minat baca siswa/siswi di SDN 1 Desa Danau Pantau. Hasil pengabdian kepada masyarakat mahasiswa KKN Kelompok 71 Danau Pantau yaitu, memberikan edukasi mengenai pentingnya minat buku serta memanfaatkan perpustakaan dan meningkatkan minat baca para siswa-siswi SDN 1 Desa Danau Pantau. Kegiatan ini dilaksanakan pada Agustus-September 2023 yang dihadiri oleh anak usia 7-8 tahun siswa kelas IV B. Kegiatan pojok literasi dilakukan secara bertahap diantaranya, pembukaan dan pengenalan program, sosialisasi pojok literasi dengan membaca dan menceritakan buku yang ada di Perpustakaan SDN 1 Desa Danau Pantau. Program KKN tersebut berjalan dengan lancar para siswa antusias ketika berkunjung ke perpustakaan.References
Abubakar, R. R. T., Sudrajat, A. S., Maulana, R. R., & Taufik, N. I. (2021). Penyusunan Regulasi Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Dalam Upaya Menumbuhkan Budaya Gemar Membaca Masyarakat Kabupaten Pangandaran. Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31113/setiamengabdi.v2i1.16
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Halidjah, S. (2019). Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Kegiatan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol. 9. No, 34–43. https://www.neliti.com/id/publications/218613/pemberian-motivasi-untuk-meningkatkan-kegiatan-membaca-siswa-sekolah-dasar
Hijrawatil Aswat, A. L. N. G. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca. Jurnal Basicedu, Volume 4(Analisi Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Bacan Anak di Sekolah Dasar), 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4 i1.302
Nudiati, D., & Sudiapernama, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. https://repositori.kemdikbud.go.id/22599/1/Panduan_Penguatan_Literasi_dan_Numerasi_di_Sekolah_bf1426239f.pdf
Permatasari, F. (2019). Jurnal koulutus. 2(5), 108–123. https://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/234
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/download/1922/1215/8139
Rahayu, G. S. (2015). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014 / 2015. Jurnal Penididkan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 5. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/325
ROFIQ, A. (2022). Literasi Sekolah Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(2), 117–133. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i2.1360
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. 6(3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10412/4379
Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar Muhamad Sadli. 6, 151–164. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/4829
Setiyaningsih, S., & Sunarso, A. (2018). HUBUNGAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230
Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200
Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud (Issue 021). https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Saudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.