MEMBANGUN MINAT BACA ANAK MELALUI POJOK LITERASI DI SDN 1 DESA DANAU PANTAU

Authors

  • Saudah Saudah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Ahmad Jeri Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Ayu Lestari Kharja Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Dedi Rahman Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Dhita Anggraini Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Ikhsan Hidayatullah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Kartika Maharani Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Kartika Wahyu Romadon Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Lusi Sholihati Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Mutia Aisyah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Setyo Nuraji Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21129

Keywords:

Minat Baca; Perpustakaan; Pojok Literasi.

Abstract

Minat membaca di indonesia berada pada peringkat di bawah rata-rata, terutama para siswa-siswi di Desa Danau Pantau. Hal tersebut dikarenakan kurang memanfaatkan perpustakaan disekolah dan kurang koleksi buku bacaan. Karena hal itu, siswa-siswi di sekolah dasar SDN 1 Desa Danau Pantau kurang berminat membaca ke perpustakaan. Adapun pelaksanaan dalam kegiatan ini menggunakan metode  sosialisasi untuk meningkatan minat baca dan pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan secara bertahap diantaranya, pembukaan dan pengenalan program, sosialisai pojok literasi dengan membaca yang dimulai dari buku-buku yang menarik minat baca siswa/siswi di SDN 1 Desa Danau Pantau. Hasil pengabdian kepada masyarakat mahasiswa KKN Kelompok 71 Danau Pantau yaitu, memberikan edukasi mengenai pentingnya minat  buku serta memanfaatkan perpustakaan dan meningkatkan minat  baca para siswa-siswi SDN 1 Desa Danau Pantau. Kegiatan ini dilaksanakan pada Agustus-September 2023 yang dihadiri oleh anak usia 7-8 tahun siswa kelas IV B. Kegiatan pojok literasi dilakukan secara bertahap diantaranya, pembukaan dan pengenalan program, sosialisasi pojok literasi dengan membaca dan menceritakan buku yang ada di Perpustakaan SDN 1 Desa Danau Pantau. Program KKN tersebut berjalan dengan lancar para siswa antusias ketika berkunjung ke perpustakaan.

References

Abubakar, R. R. T., Sudrajat, A. S., Maulana, R. R., & Taufik, N. I. (2021). Penyusunan Regulasi Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Dalam Upaya Menumbuhkan Budaya Gemar Membaca Masyarakat Kabupaten Pangandaran. Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31113/setiamengabdi.v2i1.16

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Halidjah, S. (2019). Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Kegiatan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol. 9. No, 34–43. https://www.neliti.com/id/publications/218613/pemberian-motivasi-untuk-meningkatkan-kegiatan-membaca-siswa-sekolah-dasar

Hijrawatil Aswat, A. L. N. G. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca. Jurnal Basicedu, Volume 4(Analisi Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Bacan Anak di Sekolah Dasar), 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4 i1.302

Nudiati, D., & Sudiapernama, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. https://repositori.kemdikbud.go.id/22599/1/Panduan_Penguatan_Literasi_dan_Numerasi_di_Sekolah_bf1426239f.pdf

Permatasari, F. (2019). Jurnal koulutus. 2(5), 108–123. https://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/234

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/download/1922/1215/8139

Rahayu, G. S. (2015). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014 / 2015. Jurnal Penididkan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 5. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/325

ROFIQ, A. (2022). Literasi Sekolah Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(2), 117–133. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i2.1360

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. 6(3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10412/4379

Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar Muhamad Sadli. 6, 151–164. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/4829

Setiyaningsih, S., & Sunarso, A. (2018). HUBUNGAN VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230

Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud (Issue 021). https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Saudah, S., Jeri, A. ., Kharja, A. L. ., Rahman, D. ., Anggraini, D. ., Hidayatullah, I., Maharani, K. ., Romadon, K. W., Sholihati, L. ., Aisyah, M. ., & Nuraji, S. . (2023). MEMBANGUN MINAT BACA ANAK MELALUI POJOK LITERASI DI SDN 1 DESA DANAU PANTAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10000–10006. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21129