DEVELOPMENT OF ORGANIZATIONAL CULTURE IN PUBLIC SERVICES: CASE STUDY OF GOVERNMENT AGENCIES IN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21126Keywords:
Budaya Organisasi, Pelayanan Publik, Instansi Pemerintah, Kualitas Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Pengembangan Budaya Perusahaan.Abstract
Kualitas pelayanan publik di Indonesia masih dapat ditingkatkan, hal ini tercermin dari banyaknya pengaduan masyarakat yang diterima Ombudsman pada tahun 2021, dimana Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki proporsi tertinggi yaitu sebesar 40,99%. Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, pemerintah dapat melakukan beberapa upaya seperti revitalisasi, restrukturisasi, dan deregulasi di bidang pelayanan publik, peningkatan profesionalisme aparatur pelayanan publik, korporatisasi unit pelayanan publik, pengembangan dan pemanfaatan E-Government. , peningkatan partisipasi masyarakat, serta pemberian penghargaan dan sanksi kepada unit pelayanan masyarakat. Penulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pelayanan publik di Indonesia dan menganalisis temuan terkini mengenai perkembangan budaya organisasi pada instansi pemerintah dan dampaknya terhadap bantuan publik. Metode kualitatif yang digunakan dalam penulisan artikel ini dengan studi kasus pada instansi pemerintah. Hasil penelitian ini terdiri dari tiga bagian, yaitu faktor pendukung dan penghambat pengembangan budaya organisasi dalam pelayanan publik di instansi pemerintah, inovasi pelayanan publik sebagai wujud pengembangan budaya organisasi, dan penyediaan pelayanan publik yang berkualitas.References
Auliiyaa, P., Hiidayat, R., & Nababan, R. (2021). Implementation of e-government-based public services through organizational cooperation. KINERJA, 18(4), 502-512.
David Osborne and Peter Plastrik. (2001). Reinventing Government. Jakarta, Indonesia: PPM.
Dwiyyanto, A. (2006). Public Bureaucracy Reform in Indonesia. Center for Population and Policy Studies. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University.
Dwiyyanto, A., et al. (2002). Public Bureaucracy Reform in Indonesia. Yogyakarta, Indonesia: Center for Population and Policy Studies (PPSK) UGM.
Furqoni, M. (2014). Strategies to Improve the Quality of Public Services at the Office of Population and Civil Registration of Ponorogo Regency. Journal of Students of the University of Surabaya, 2(3), 1-11.
Hasanah, R. U., & Aima, M. H. (2018). The Influence of Organizational Change, Organizational Culture, and Motivation on the Performance of the Public Management Agency for Islamic Studies in Jakarta. Journal of Scientific Management and Business, 2(1), 71–89.
J. Ridwan, A. S. Sudrajat. (2009). State Administrative Law and Public Service Policy. Bandung, Indonesia: Nuansa.
Laibah, D. L. (2019). Effectiveness of Online Aspiration and Complaint Services for the People (Lapor!) at the Department of Communication and Informatics (Diskominfo) of Bandung City in 2019. [THESIS]: Faculty of Social and Political Sciences, Indonesia Computer University.
Mulgan, G. (2006). The Process of Social Innovation. Innovations, 1(2), 145–162.
Permenpan RB. (2017). Regulation on State Apparatus Utilization and Republic of Indonesia Bureaucracy Reform. About the Competition of Public Service Innovation in the Ministries/Institutions, Regional Governments, State-Owned Enterprises, and Regional State-Owned Enterprises in 2017.
Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri, W. (2022). Service Innovation in Public Organizations. Bandung, Indonesia: PT REIMAJA ROSDAKARY.
Suprayitno. (2007). Visionary Leadership in Organizational Change. Journal of Economics and Entrepreneurship, 7(2), 115–123.
Suprianto. (2014). The Role of Government in Public Service (Case Study: Motor Vehicle Testing at the Transportation, Information, and Communication Service Unit in Kampar Regency). Jom FISIP, 1(2), 1-13.
S. Kurniawan and A. Nurcahyo. (2020). WeB-Based Government Administration Information System (Case Study: Surakarta City Government). Journal of Information Technology and Computers, 7(2), 74-82.
Vidantii, C. R. A. N., & Triiputro, R. W. (2022). Analysis of regional government accountability reports during the COVID-19 pandemic. Journal of Administrative Deisa, 3(2), 135-143.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Regina Dinda Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.