IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMP DI KECAMATAN SUKAMAKMUR, KAB. BOGOR, JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21080Keywords:
Digital, Guru, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Di era yang serba digital, seorang guru dituntut untuk memiliki sistem pengajaran yang harus mengikuti sesuai perkembangan zamannya. Akan tetapi, pada kenyataannya yang sebenarnya terjadi ialah masih banyak guru atau tenaga pendidik yang masih belum bisa memanfaatkan teknologi digital pada saat ini. Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Dengan Memanfaatkan memanfaatkan Motion Bagi Guru SMP Di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor Jawa Barat. Dengan diadakannya pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat mendampingi guru agar dapat bisa membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan Blended Learning (Luring dan Daring), pada saat luring diadakan satu kali kunjungan. Kunjungan pertama yaitu pembekalan materi mengenai memanfaatkan Motion Graphics. Untuk kegiatan daring dilakukan dengan menggunakan Google Classroom dan WhatsApp Group. Guru yang menjadi peserta media infografis mendapatkan hasil yang sangat baik dalam pendampingan dalam pemanfaatan media infografis dalam pembelajaran.References
Imam. 9 Desember 2022 https://www.radarbogor.id/2022/12/09/lama-sekolah-di- sukamakmur-paling-rendah-warga-didorong-ikut-pkbm/
Kemendikbud.
https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka
Mujab, S. ., v, A. T. R. ., & Gumelar, W. S. . (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1538–1545. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11166
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197–210. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613-1620.
SUSIANI, Ika Wahyu. Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, [S.l.], p. 296-306, nov. 2022. ISSN 2656-7229. Available at:
<https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/icis/article/view/805>.Date accessed: 14 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.21154/icis.v0i0.805.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal Of Science Education, 1(1), 115- 132.
Syarif Hidayatulah. 10 Januari 2023. https://pakuanraya.com/kurikulum-merdeka-belum- diterapkan-semua-oleh-smp-di-kabupaten-bogor/
https://naikpangkat.com/kendala-kami-para-guru-menerapkan-kurikulum- merdeka/#:~:text=Sulitnya%20akses%20digital%20atau%20internet,digital%20dan
%20internet%20yang%20memadai.
https://pakuanraya.com/kurikulum-merdeka-belum-diterapkan-semua-oleh-smp-di- kabupaten-bogor/
https://smpn1punggur.sch.id/wp-content/uploads/2022/06/027_H_KR_2022-SK-Kabadan- tentang-Satuan-Pendidikan-Pelaksana-Implementasi-Tahap-II.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eveline Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.