ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING THE GUIDED DISCOVERY MODEL IN IMPROVING STUDENTS' CRITICAL THINKING IN LEARNING ACTIVITIES

Authors

  • Ilham Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Faisal Abubakar Universitas Yapis Papua
  • Dian Aswita Universitas Serambi Mekkah
  • Dewi Febriyanti STIKes Yayasan Sihat Beurata
  • Muhammad Ridhwan Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21079

Keywords:

Guided Discovery, Berpikir Kritis, Siswa, Control Group Design

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menguji bagaimana paradigma eksplorasi terbimbing, bersama dengan hypno-teaching dalam bahan ajar, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan kuasi eksperimen merupakan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design sebagai metodologi penelitiannya. Anak-anak di kelas X menjadi populasi penelitian. Siswa kelas A berperan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas B berperan sebagai kelompok kontrol dalam penelitian ini. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan peneliti. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, digunakan tiga metode: tes tertulis, angket, dan pendekatan wawancara. Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penelitian dan memvalidasi hipotesis penelitian, data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian kemudian diolah dan dievaluasi. Penggunaan model penemuan terbimbing dengan dukungan hypno-teaching memberikan dampak terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sesuai temuan penelitian dan pembahasan. Hal ini didukung dengan uji hipotesis Mann-Whitney U yang menghasilkan sig (2-tailed) sebesar 0,001 dan kesimpulannya H0 ditolak. Siswa pada kelompok eksperimen melihat adanya peningkatan kemampuan berpikir kritisnya. Penerapan pendekatan eksplorasi terbimbing dengan hypno-teaching membuahkan hasil yang sangat baik dari para siswa.

References

Arikunto, Si. (2015). Basics of Educational Evaluation 2nd Edition. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamaruddin, I., Tannady, H., & Aina, M. (2023). The efforts to improve children’s motoric ability by utilizing the role of traditional games. Journal on Education, 5(3), 9736-9740.

Kamaruddin, I., Tabroni, I., & Azizah, M. (2022). Konsep pengembangan self-esteem pada anak untuk membangun kepercayaan diri sejak dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 496-503.

Parinussa, J. D., Taryana, T., Ningtyas, A. A., Rachman, R. S., & Tannady, H. (2023). Developing Student Emotional Intelligence by Involving the Active Role of Teacher. Journal on Education, 5(3), 8528-8533.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni. I. (2018). Application of the Discovery Learning Learning Model to Improve Creative Thinking Abilities and Student Learning Outcomes. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75.

Dahliana, P. et al. (2018). The Influence of the Guided Discovery Model on Students' Critical Thinking Ability. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 101–6.

Kurnaeni, N. et al. (2019). The Influence of the Guided Discovery Learning Model on Improving Science Learning Outcomes for Class VII Students at SMP Negeri 15 Makassar (Main Material on Ecosystems). Jurnal IPA Terpadu, 3(1).

Kamaruddin, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Fisik Terhadap Keterampilan smash Dalam Permainan Bulutangkis. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 2(2), 114-127.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Kamaruddin, I. ., Abubakar, F. ., Aswita, D. ., Febriyanti, D. ., & Ridhwan, M. . (2023). ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING THE GUIDED DISCOVERY MODEL IN IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING IN LEARNING ACTIVITIES. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9944–9948. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21079