MENGAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI INFORMATION GAP ACTIVITIES (IGA) SISWA SMK YAPIM SIAK HULU

Authors

  • Resy Oktadela UIR Pekanbaru
  • Cyntia Kumala UIR Pekanbaru
  • Poppy Camenia Jamil UIR Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21062

Keywords:

Berbicara , IGA (Information Gap Activities), Mengajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengajarkan keterampilan berbicara bahasa inggris melalui strategi Information Gap Activities (IGA) berbasis gambar. Implementasi  strategi IGA  membagi siswa menjadi kelompok  yang sama.  Siswa kelompok A  dan kelompok B  adalah salah satu bagian dari kegiatan inti  informasi. Kegiatan ini memberi siswa smk  yatim siak hulu alasan perlunya berbicara menggunakan bahasa inggris. Berdasarkan  pengalaman di lapangan, terdapat beberapa permasalahan siswa dalam belajar bahasa inggris siswa. Permasalahan tersebut datangnya dari faktor siswa dan faktor dari guru itu sendiri. Faktor penyebab yang datangnya dari siswa adalah; siswa memiliki rasa takut dan  motivasi yang rendah dalam belajar bahasa inggris, mereka memiliki permasalahan dalam pronunciation, mereka masih memiliki rasa percaya diri yang rendah dalam berbicara, dan siswa masih kurang memiliki kosakata bahasa inggris..berdasarkan kondisi tersebut, penulis mencoba untuk menerapkan IGA  (Information Gap Activities) untuk mengatasi masalah tersebut.  Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberi siswa smk  alasan pentingnya bahasa inggris untuk bahasa komunikasi. Adapun peningkatan keterampilan berbicara siswa smk yatim siak hulu   menunjukkan 80 % hingga 100 % berhasil  diprakttikan kemajuan sikap siswa  aktif dan senang dalam berbicara bahasa inggris.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran IGA dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris siswa.

References

Argawati, N. O., & Lilis, S. (2015). Teaching Speaking Through Information Gap Technique. KnE Social volume v3i19.4882 ,515-524.

Guralnik, David , N. (1995). Language Teaching Methodology a Textbook for Teachers. New York: Phonetix Ltd.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education Limited.

Kayi, Hayriye. 2006. Teaching Speaking. The Internet TESL Journal. Vol.XII No.11, Nov 2006

Misianto. (2017). Improving Students’ Speaking Skills and the Learning Process of English Speaking Through Information Gap. EnJouMe,2(1).

Mukoco. 2012. Information Gap Activities untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Diakses pada hari Sabtu, tanggal 14 Juli 2018.

Nunan, D. (1992) Designing Task for the Communication Classroom. New York: Cambridge University Press.

Patricia K. (2000). A Communicate Grammar. Boston: MoGraw-Hill

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Oktadela, R., Kumala, C. ., & Jamil , P. C. . (2023). MENGAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI INFORMATION GAP ACTIVITIES (IGA) SISWA SMK YAPIM SIAK HULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10949–10951. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21062