MENGAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI INFORMATION GAP ACTIVITIES (IGA) SISWA SMK YAPIM SIAK HULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21062Keywords:
Berbicara , IGA (Information Gap Activities), MengajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengajarkan keterampilan berbicara bahasa inggris melalui strategi Information Gap Activities (IGA) berbasis gambar. Implementasi strategi IGA membagi siswa menjadi kelompok yang sama. Siswa kelompok A dan kelompok B adalah salah satu bagian dari kegiatan inti informasi. Kegiatan ini memberi siswa smk yatim siak hulu alasan perlunya berbicara menggunakan bahasa inggris. Berdasarkan pengalaman di lapangan, terdapat beberapa permasalahan siswa dalam belajar bahasa inggris siswa. Permasalahan tersebut datangnya dari faktor siswa dan faktor dari guru itu sendiri. Faktor penyebab yang datangnya dari siswa adalah; siswa memiliki rasa takut dan motivasi yang rendah dalam belajar bahasa inggris, mereka memiliki permasalahan dalam pronunciation, mereka masih memiliki rasa percaya diri yang rendah dalam berbicara, dan siswa masih kurang memiliki kosakata bahasa inggris..berdasarkan kondisi tersebut, penulis mencoba untuk menerapkan IGA (Information Gap Activities) untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberi siswa smk alasan pentingnya bahasa inggris untuk bahasa komunikasi. Adapun peningkatan keterampilan berbicara siswa smk yatim siak hulu menunjukkan 80 % hingga 100 % berhasil diprakttikan kemajuan sikap siswa aktif dan senang dalam berbicara bahasa inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran IGA dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris siswa.References
Argawati, N. O., & Lilis, S. (2015). Teaching Speaking Through Information Gap Technique. KnE Social volume v3i19.4882 ,515-524.
Guralnik, David , N. (1995). Language Teaching Methodology a Textbook for Teachers. New York: Phonetix Ltd.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education Limited.
Kayi, Hayriye. 2006. Teaching Speaking. The Internet TESL Journal. Vol.XII No.11, Nov 2006
Misianto. (2017). Improving Students’ Speaking Skills and the Learning Process of English Speaking Through Information Gap. EnJouMe,2(1).
Mukoco. 2012. Information Gap Activities untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Diakses pada hari Sabtu, tanggal 14 Juli 2018.
Nunan, D. (1992) Designing Task for the Communication Classroom. New York: Cambridge University Press.
Patricia K. (2000). A Communicate Grammar. Boston: MoGraw-Hill
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Resy Oktadela, Cyntia Kumala, Poppy Camenia Jamil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.