PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SD MELALUI WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Moch. Fauzi STKIP PGRI Lumajang
  • Bendot Tri Utomo STKIP PGRI Lumajang
  • Roni Wiranata STKIP PGRI Lumajang
  • Gati Ayu Likasari STKIP PGRI Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21060

Keywords:

Microsoft Powerpoint, Visual Basic for Application (VBA, Media Pembelajaran Matematika Digital

Abstract

Mayoritas guru matematika Sekolah Dasar (SD) di daerah Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang memberikan materi matematika secara tradisional memanfaatkan buku teks sebagai sumber belajar. Padahal saat ini sudah memasuki jaman modern yakni jaman teknologi. Penggunaan teknologi seperti aplikasi Microsoft Powerpoint membuat tampilan bahan ajar lebih bagus, nyata, dan menarik. Sangat dibutuhkan kegiatan untuk meningkatkan soft skill guru dalam menguasai aplikasi Microsoft PowerPoint berbasis Visual Basic for Application (VBA) sehingga keterampilan mengintegrasikan teknologi dalam materi pembelajaran matematika juga meningkat. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan terhadap mitra pengabdian yaitu guru Sekolah Dasar (SD) yang ada di lingkungan Kecamatan Kucialit Kabupaten Kabupaten Lumajang pada semester gasal 2023/2024. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka (luring) dan pendampingan dilakukan secara langsung untuk mempraktikkan penggunaan Microsoft PowerPoint berbasis Visual Basic for Application (VBA). Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep "Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran matematika digital" sebesar 85%, peningkatan penguasaan konsep tentang "Visual Basic for Application (VBA) sebagai aplikasi penunjang pembelajaran sebesar 80%, dan peningkatan profesionaliseme guru dalam pembuatan media pembelajaran matematika digital sebesar 82%. Tingginya peningkatan keterampilan dan pengetahuan ini perlu diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah khususnya guru, yang dalam hal ini bertindak sebagai pembuat atau penyalur media pembelajaran matematika digital tersebut. Selain itu, guru-guru juga mengharapkan adanya pelatihan lanjutan tentang asesmen berbasis digital dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD).

References

Fauzi, M., & Shodiq, L. J. (2022). Development of learning media microsoft powerpoint based on visual basic for application (VBA). AIP Conference Proceedings, 2577(1), 20011.

Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. 2019: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Papers 1, 359–364. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302

Hartanto, D., Prasetyo, P. W., Maryani, I., Maharani, E. A., Puspitasari, I., Putri, D. A., Aji, O. R., & Purwanto, W. E. (2020). Developing digital module for human literacy and technology literacy. International Journal on Education Insight, 1(1), 29–40

Nurwijaya, S. (2022). Edukasi Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Guru di Mts Al-Junaidiyah Biru. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 4(2), 352-356. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/4390

Peni, N. R. N., Sumargiyani, S., & Prasetyo, P. W. (2022). Pemanfaatan Canva dalam Pembuatan Soal HOTs Studi Kasus SD Muhammadiyah Bogor. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 4(1), 567–574.

Putri, N. W. S., & Suryati, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Program Linier Berbasis Geogebra di STMIK STIKOM INDONESIA. Jurnal Matematika, 9 (2), 111. https://doi.org/10.24843/jmat.2019.v09.i02.p117

Rasul, A. ., Subhanudin, S., & Sutirta, H. . (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT BAGI GURU-GURU DI SMA AL-FALAH HMM TIMIKA. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(1), 51-56. https://doi.org/10.46306/jub.v2i1.61

Sulastri, Nurdiyana, Setiawati, Suanto, & Rustandi, R. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Media Pembelajaran Matematika di SD Karah I Surabaya. ABDI, 5 (2), 83–88.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Fauzi, M. ., Utomo, B. T. ., Wiranata, R. ., & Likasari, G. A. . (2023). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SD MELALUI WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11479–11484. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21060