PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN PENJUALAN KRIPIK NANAS DESA LUBUK ENAU

Authors

  • Rosi Ria Rahayu Universitas Indo Global Mandiri
  • Rafika Sari Universitas Indo Global Mandiri
  • Prima Darma Putra Universitas Indo Global Mandiri
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21055

Keywords:

Digital Marketing, Sosial Media, Meningkatkan Penjualan, Promosi

Abstract

Kemajuan teknologi akan berjalan sama sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Masyarakat sudah merasakan setiap inovasi – invoasi yang dibawa sesuai dengan berjalannya waktu. Salah satu manfaatnya memberikan peluang bagi kegiatan bisnis besar maupun kecil untuk memperluas jangkauan pemasaran melalui digital marketing. Digital marketing merupakan suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah merek “brand” dengan menggunakan media digital, seperti internet. Namun kurangnya pemahaman masyarakat desa untuk memasarkan penjualan menjadi masalah yang harus dipahami. Desa Lubuk Enau, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara enim baru diresmikan menjadi Desa yang berdiri sendiri pada tahun 2011 berdasarkan peraturan Bupati Muara Enim No 25. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan para mahasiswa KKN Tematik Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri melalui program kerja meningkatkan UMKM kripik nanas khas Desa Lubuk Enau yang dilaksanakan sebagai bentuk upaya pembinaan pemahaman pentingnya promosi melalui sosial media. Dengan adanya pembinaan ini diharapkan pelaku usaha UMKM bisa melakukan pemasaran melalui sosial media seperti di facebook, instagram, maupun di whatshap atau bisa juga melalui e-commerce . Meningkatkan promosi penjulan secara online bertujuan memperluas pemasaran kripik nanas Desa Lubuk Enau dan dapat meningkatkan perekonomian pelaku usaha di desa Lubuk Enau.

References

Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, O. F. (2022). Implementation Of Digital Marketing In Maintaining MSMEs During The Covid-19 Pandemic Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi. 3(July), 2283–2291.

Az-zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS?: National Conference Of Islamic Natural Science, 77–88.

Anton, O., Prihartono, W, & Sos,S. (2016) Surat Kabar &Konvergensi

Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). CHANNEl:Jurnal Komunikasi,4(i),105-

Rahmawati, D. (2016) ‘Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komuniasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @FreezyBrowniezz)’, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga., 1.

Aprianto, A. (2022) ‘PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN KERIPIK BAYAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL UNTUK

MENINGKATKAN EKONOMI DESA KOTA AGUNG’, Marlborough: Journal of Community Service, 1(1), pp. 19–24.

Asriani, A. et al. (2020) ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Agribisnis Sayuran Metode Hidroponik Starterkit Wick Di Kota Kendari’, Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat

Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), p. 11. doi: 10.25157/ma.v6i1.2595.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Rahayu, R. R. ., Sari, R. ., Putra, P. D. ., & Purnamasari, E. D. . (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN PENJUALAN KRIPIK NANAS DESA LUBUK ENAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10082–10087. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21055