PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN MELALUI EDUKASI SAMPAH

Authors

  • Nur Ismirawati Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ashadi Amir Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Irninthya Nanda Pratami Irwan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Mitra Djamal Institut Teknologi Bandung
  • Nina Siti Aminah Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21021

Keywords:

Sampah, Sampah Plastik, Nelayan, Lingkungan, Ekonomi, 3R

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Keberadaan sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Permasalahan sampah yang dihadapi oleh masyarakat nelayan adalah pencemaran air laut akibat sampah. Sampah plastik dapat menghasilkan mikroplastik yang dapat mengganggu ekosistem yang ada di laut yang akan secara otomatis berdampak bagi kesehatan jika mengkonsumsi ikan dan hewan laut lainnya. Pemahaman masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah juga masih sangat minim. Sehingga melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan edukasi kepada masyarakat nelayan terkait dengan sampah. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Watang Suppa, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang terbagi atas dua tahapan utama yaitu observasi permasalahan masyarakat nelayan terkait dengan sampah dan pemberian materi edukasi terkait dengan sampah. Materi yang diberikan berupa pembahasan tentang jenis-jenis sampah, dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat sampah dan dampak ekonomi yang didapatkan dari pengelolaan sampah.  Masyarakat juga mendapatkan informasi tentang pengelolaan sampah dengan metode 3R Reduce, Reuse, Recycle. Peningkatan kesadaran masyarakat terkait sampah membutuhkan sinergitas antara pemerintah dan perguruan tinggi dalam melakukan edukasi dan pendampingan.  

References

Iskandar, T., Anggraini, S. P. A., & Melinda, M. 2021. Pembuatan Bahan Bakar Diesel dari Limbah Plastik HDPE dengan Proses Pirolisis. Reka Buana: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Teknik Kimia, 6(1), 23-29.

Khairoh, L., Rusilowati, A., & Nurhayati, S. 2014. Pengembangan buku cerita IPA terpadu bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan pada tema pencemaran lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Mutamimah, & Phradiansah. 2014. Analisis Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Sdm Melalui Organizational Commitment. Ekobis, 15(2), 55–70.

Riandis, J. A., Setyawati, A. R., & Sanjaya, A. S. 2021. Pengolahan Sampah Plastik Dengan Metode Pirolisis Menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Chemurgy, 5(1), 8-14.

Wahyuhastuti, N., Indiworo, R. H. E., & Burhanudin, A. 2017. IbM Pengolahan Sampah Plastik Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Muktiharjo Kidul Semarang. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 1(2), 82-85.

Wirasasmita, R. H., Arianti, B. D. D., Uska, M. Z., Kholisho, Y. N., Wardi, Z., Gunadi, R. A. A., Parlindungan, D. P., Parta Santi, A. U., Aswir, & Aburahman, A. 2020. Bahaya Sampah Plastik bagi Kesehatan dan Lingkungan. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2714–6286), 1–8.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Ismirawati, N., Amir, A., Pratami Irwan, I. N., Djamal, M., & Siti Aminah, N. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN MELALUI EDUKASI SAMPAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11475–11478. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21021