PENDAMPINGAN UMKM KRIPIK TEMPE MELALUI INOVASI KEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN DI DESA BENDO KEC. KAPAS KAB. BOJONEGORO

Authors

  • Badiatud Durroh Universitas Bojonegoro
  • Moh. Yusuf Universitas Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.20941

Keywords:

UMKM, Inovasi Produk, Kripik Tempe

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah, tidak terkecuali di Indonesia.Peranan UMKM di Indonesia dalam menopang perekonomian di Indonesia cukup signifikan. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah Peralatan dan teknologi yang digunakan dalam proses pengemasan produk masih sangat sederhana sehingga kurang produktif dan hasilnya kurang bagus.,Mitra masih belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara mengelola usaha dengan baik dan bagaimana memasarkan produknya secara luas. Adapun tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) ini antara lain adalah memperbaiki proses produksi dan pemasaran menjadi lebih baik, produktif, dan lebih cepat dengan menggunakan peralatan yang lebih modern , memperkenalkan produk mitra kepada masyarakat yang lebih luas dan meningkatkan pengetahuan mitra tentang mengelola usaha yang baik dan cara memperluas jaringan pemasaran bagi produk yang dihasilkan. Solusi yang ditawarkan pada program pengabdian masyarat ini adalah Pendampingan terkait pengemasan produk, mulai dari desain kemasan hingga pacaking , memberikan pelatihan dan pendampingan terkait proses pemasaran dengan digital marketing. Hasil yang di dapatkan adalah UMKM sudah memiliki kemasan produk dan kemasan produk. UMKM keripik tempe mukadas Sudah memiliki media promosi melalui offline yaitu berupa papan nama, dan mempunyai media online berupa wa bisnis, facebook, dan Instagram.

References

Kotler. Philip. 1996. Marketing. Edisi 7. Erlangga . Jakarta

Sulistiyandari. 2017. Pendampingan UMKM Kerupuk Rambak sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Abdimas Unsoed. Purwokerto.

Swastha. Basu. Azas-Azas Marketing. Edisi 3. Liberty. Yogyakarta

Utama.D.M. 2019. Penguatan Aspek Manajemen Produksi Dan Kualitas Tempe Pada UKM Tempe. JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ISSN: 2549- 8347 (Online), ISNN: 2579-9126 (Print)

Volume 3 No. 1 Maret 2019. Hal.133-140.

Wiguna, Satrio Pandu. 2007. Pengaruh Kemasan Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Jajan Khas Kota Gresik. Skripsi. UIN Malang. Diakses pada 2 Agustus 2022

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Durroh, B., & Yusuf , M. . (2023). PENDAMPINGAN UMKM KRIPIK TEMPE MELALUI INOVASI KEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN DI DESA BENDO KEC. KAPAS KAB. BOJONEGORO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13561–13564. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.20941