EGG WHITE HOME BUSINESS OPPORTUNITY IN KELURAHAN BAMBU APUS, CIPAYUNG, EAST JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20922Keywords:
Pemasaran, Peluang Bisnis, Pengusaha Putih Telur. Pelanggan, Cassiate Protein Putih Telur.Abstract
Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang mempunyai rasa yang enak, mudah dicerna dan bergizi tinggi sehingga disukai banyak orang. Selain itu, telur mudah didapat dan harganya terjangkau. Masyarakat Indonesia umumnya memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi telur. Begitu besarnya manfaat telur dalam kehidupan manusia sehingga telur sangat dianjurkan untuk nutrisi gizi yang dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, serta usia lanjut. Peluang usaha kuliner membuat kue brownies kukus putih telur dan juga memanfaatkan suplemen berupa putih telur sebagai solusi sumber protein murah bagi para “binaragawan” agar tetap cepat mencapai cita-citanya. Dengan putih telur yang berkualitas dan pengolahan yang tepat, maka kandungan protein tinggi dan nutrisi lain pada putih telur akan tetap terjaga dengan baik. Kebutuhan putih telur bagi para “binaragawan” ini sangat tinggi pada tahun 2021 di kawasan Kampung Bambu Apus Jakarta Timur. Data tersebut menggambarkan adanya peluang bagi para pelaku usaha untuk memanfaatkan putih telur menjadi salah satu peluang usaha atau usaha rumahan yang menjanjikan. Tanpa harus meninggalkan tugas di rumah, para ibu rumah tangga yang ingin mempunyai penghasilan tambahan untuk keluarga, dapat berbisnis putih telur dengan memperluas jumlah dan jenis pelanggan yang membutuhkan putih telur untuk pemulihan tingkat kesehatannya.References
Yulianti, Sri., dkk. 2023. Manajemen Pemasaran, Book Chapter, Basya Media Utama, Pasuruan, Jawa Timur
Azis Musllim, Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat, Yogyakarta: Samudera Biru, 2012.
Burhan Bungin. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2007.
Edi Soeharto. Membangun Masyarakat, dan Memberdayan Rakyat, Jakarta: PT. Refika Aditama, 2005.
Liao, Wang. Egg White derived anti Egg white-derived antihypertensive peptide IRW (Ile-Arg-Trp) inhibits Ang II-stimulated migration of vascular smooth muscle cells via angiotensin type I receptor. Jurnal Of Agricultural and Food Chemistry, 2018.
Rakha Fahreza Widyananda. 10 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi bagi Tubuh, Jakarta: Merdeka.com. 2020.
Driantoro, M. T. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Telur Gulung (Kasus: Jajanan Telur Gulung di Kota Medan). Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.
Fausayana, I., & Marzuki, M. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras di Kota Kendari dan Hubungannya dengan Keberdayaan Peternak. Jurnal Sosio Agribisnis, 1, (1), 32-46. https://doi.org/10.33772/jsa.v1i1.1821
Hsu, Y. (2013). The Research for Exploring Product Design Characteristics by SEM via Correlated Innovation and Design Strategy. American Journal of Industrial and Business Management, 03,(01),8–16. https://doi.org/10.4236/ajibm.2013.31002
Mutmainnah, A. C., Soesanto, H., & Sufian, S. (n.d.). Studi Tentang Pengaruh Kemampuan Merespon Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Penetrasi Pasar Pada Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 15, (1), 1-11.
Pinto, R. M., Hapsari, T. D., & Hartadi, R. (2016). Kajian Pemasaran Telur Ayam Ras dan Prospek Pengembangannya di Perusahaan Gracia Farm Timor Leste. JSEP, 9, (2), 44-60.
Prathama, R. (2010). Teori Ekonomi Mikro. BPFE UGM.
Siregar, G., & Wati, L. (2014). Strategi Pengembangan Usaha Tahu Rumah Tangga. Agrium, 19, (1), 12–20. Telur, Produk Unggulan Brebes & Blitar SWA.co.id. (n.d.). Retrieved June 3, 2020, from https://swa.co.id/swa/listed-articles/telur-produk-unggulan-brebes-blitar
Widyantara, I. N. P., & Ardani, I. G. A. K. S. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam (Studi Kasus di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem). E-Jurnal Manajemen Unud, 6, (7), 3766-3793
Zemlickiene, V., & Maditinos, D. I. (2012). Marketing Strategy Formulation for Innovative Product Development Process. Verslas: Teorija Ir Praktika, 13, (4), 365–374. https://doi.org/10.3846/btp.2012.38
Nguyen, B., Yu, X., Melewar, T.C., and Chen, J. 2015. ‘Brand innovation and social media: Knowledge acquisition from social media, market orientation, and the moderating role of social media strategic capability’, Industrial Marketing Management, Vol. 51, pp.11–25
Damayanti, Mailiza. 2015.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Pada Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci di Kabupaten Tegal. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mei Supriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.