DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG DAN STIMULASI MEMAKAI BAJU DAN BERBAGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20918Keywords:
Ibu, Anak, UsiaAbstract
Ketika memasuki usia prasekolah, kemampuan anak untuk beradaptasi sudah dapat dimanfaatkan dengan baik. Namun pada kenyataannya banyak ditemukan keterlambatan penyesuaian sosial (adaptasi ) terutama diusia awal sekolah. Survey awal di Paud Kasih Ibu Wonokromo didapatkan masih ada perkembangan sosialnya kurang baik yaitu sering bertengkar dengan teman sebayanya, anak pendiam , menangis secara terus menerus. Kegiatan ini di fokuskan pada stimulasi perkembangan melalui Memakai Baju dan berbagi makanan antar teman untuk menumbuhkan keakrapan dan kepedulian antar teman . Metode yang digunakan deteksi Dini Mengukur Pertumbuhan /antopometri mengukur BB, Mendeteksi Anak dengan menggunakan DDST sebelum dan sesudah di beri stimulasi memakai baju sendiri dan berbagi.Hasil Deteksi sebelum diberi stimulasi perkembangan sosial sebelum dilakukan stimulus sebanyak 18 (48,57%) anak mempunyai perkembangan normal, 2 (5,71%) anak mempunyai perkembangan abnormal . Setelah dilakukan deteksi dini dengan memerintah untuk memakai baju sendiri dan melatih berbagi selama satu bulan di obsevasi didapatkan hasil observasi, sebanyak 31 (48,57%) anak mempunyai perkembangan normal, 0 (0%) anak mempunyai perkembangan abnormal memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial terkait stimulus terhadap perkembangan sosial pada anak Paus Kasih ibuReferences
Dewi . 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta : Salemba Medika
Ball, J.W., Bindler, R.C., and Cowen, K.J., (2010). Child Health Nursing. Partnering with children and families (second edition). New Jersey, Pearson Education SDKI, SLKI dan SIKI
Firdaus dkk. 2019 Bahan Ajar Keperawatan Anak, 2019 FirdausCV. Putra Media Nusantara (PM
Depkes RI, Pedoman Penatalaksanaan Stimulasi deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta : Depkes
Gloria M, dkk.2016.Nursing Interventions Classification (NIC)ed.6.Singapore:Elsevier Singapore Pte Ltd 4.Moorhead, Sue,dkk.2016.Nursing Outcomes Classification (NOC) ed.5.Singapore:Elsevier Singapore Pte Ltd.
Ismira, 2008. Mengenal Bentuk Pola Asuh Orang Tua.
Suana, S., & Firdaus, F. (2018). Pola Asuh Orangtua Akan Meningkatkan Adaptasi Sosial Anak Prasekolah Di Ra Muslimat Nu 202 Assa’Adah Sukowati Bungah Gresik. Journal of Health Sciences, 7(2), 180–185.
Sulistyawati, Ari.2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika
PPNI. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Jakarta:
PPNI. PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan. Jakarta: DPP PPNI.
Nanda Internasional. (2015). Diagnosis Keperawatan: Definisi dan Klasifikasi 2015-2017. Jakarta: EGC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.