PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP ERA DIGITAL PADA PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI JOHOR BAHRU-MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20862Keywords:
Entrepreneurship; Era Digital; Pekerja Migran Indonesia; Johor Bahru, MalaysiaAbstract
Entrepreneurship (kewirausahaan) dalam era digital adalah sebagian cara untuk mengatasi tantangan ekonomi dan sosial yang dihadapi. Kewirausahaan dapat berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang atau miskin. PMI di Malaysia sering kali menghadapi berbagai permasalahan, termasuk ketenagakerjaan, keimigrasian, dan Pendidikan. Oleh karena itu, penting diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan fokus pelatihan berwirausaha era digital. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berwirausaha PMI di Malaysia pada era digital. Kegiatan PkM dilakukan dengan pendekatan community development, langkah-langkah PkM mencakup wawancara, kuliah motivasi, pelatihan dengan studi kasus dan simulasi, diskusi, dan pendampingan. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan motivasi dan keterampilan berwirausaha PMI dari menciptakan produk yang menarik, serta memberikan pemahaman tentang media, ide, dan peluang berwirausaha era digital. Artikel ini mencerminkan upaya positif dalam memberdayakan PMI untuk mencapai kehidupan yang lebih baik melalui berwirausaha.References
Achmad, N., Saputro, E. P., & Handayani, S. (2016). Entrepreneurship in the Digital Economy. Dinamika Pendidikan, 11(2), 102–107. https://doi.org/10.4324/9780429279829-8
Ambarita, I., Sihombing, A., & Buaton, R. (2018). Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa dan Alumni Guna Era Digital. Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 2(2), 109–115. https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index
Aprica Isabella, A., & Sanjaya, P. N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan “Pengelolaan Keuangan Bisnis Online Shop Era Digital.” JANDASIH: Urnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15–21. http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/ANDASIH/article/view/606
Bank, I., & BNP2TKI. (2022). No Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia.
Bharadwaj, A., Sawy, O. A. El, Pavlou, P. A., & Venkatraman, N. (2013). Digital Business Strategy: Toward A Next Generation Of Insights. MIS Quarterly, 37(2), 471–482. https://doi.org/10.4324/9780203109007-5
Fiandra, Y. A., Wagino, Bulkia Rahim, Hariyadi, Ganefri, & Yulastri, A. (2022). Kewirausahaan Digital. CV Muharika Rumah Ilmiah.
Javier, F. (2022). BPS: Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 5,83 Persen pada Februari 2022. Tempo.Co. https://data.tempo.co/data/1419/bps-tingkat-pengangguran-terbuka-sebesar-583-persen-pada-februari-2022
Kasidi. (2020). Tantangan Kewirausahaan di Era Ekonomi Digital. 1(1), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jeee.v1i1.1223
Kinasih, T. (2023). Memahami Apa itu Digital Entrepreneurship. Kuncie. https://www.kuncie.com/premium/posts/digital-entrepreneurship/
Nurjan, Monika, & Wati, L. (2023). Hubungan Hardiness dan Psychological Well-Being pada Pekerja Asal Indonesia yang Berdomisili di Saudi Arabia. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 12(1), 1–6. https://journal.untar.ac.id/index.php/phronesis/article/view/23592/14329
Olahkarsa. (2022). Community Development (Pengertian, Aspek, Tujuannya). https://blog.olahkarsa.com/community-development-pengertian-aspek-dan-tujuannya/
Ratama, N., Munawaroh, & Mulyati, S. (2022). Sosialisasi Penggunaan Ecommerce Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 6–12. https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index
Rumapea, M. E. M. (2019). Tantangan Pembelajaran Musik Pada Era Digital. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.13168
Tobing, W. T. M. (2023). Kewirausahaan Digital (Digital Entrepreneurship). Universitas STEKOM. https://kewirausahaan-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Kewirausahaan-Digital-Digital-Entrepreneurship/2f3ccd64a9d3c353074944d6826d032b59f8d499
Zhao, F., & Collier, A. (2016). Digital Entrepreneurship: Research and Practice. 9th Annual Conference of the EuroMed Academy of Business, September, 2173–2182. http://eprints.staffs.ac.uk/6274/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elis Mediawati, Mimin Widaningsih, Badria Muntashofi, Neng Hasnah Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.