PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20857Keywords:
Manajemen Pendidikan, Pelatihan, Peningkatan Kualitas Sekolah, Pengabdian Masyarakat, Keterampilan Pengelolaan.Abstract
Peningkatan Kualitas Pengelolaan Sekolah Melalui Pelatihan Manajemen Pendidikan merupakan sebuah pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam pengelolaan sekolah di tingkat dasar, menengah, dan tinggi di Indonesia. Masalah ini berkaitan dengan kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam aspek manajemen pendidikan yang memadai. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa manajemen pendidikan yang baik berkontribusi pada peningkatan hasil pendidikan, motivasi guru, dan efisiensi penggunaan sumber daya. Dalam kegiatan ini, kami melaksanakan pelatihan online pada tanggal 1 September 2023 melalui aplikasi Zoom, dengan partisipasi 44 peserta dari berbagai latar belakang, seperti dosen, guru, dan mahasiswa. Peserta mengikuti serangkaian sesi interaktif yang melibatkan presentasi, diskusi kelompok, analisis kasus nyata, dan latihan praktis. Evaluasi akhir menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam perencanaan kurikulum, pengorganisasian sumber daya, dan evaluasi kinerja sekolah. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta tentang manajemen pendidikan dan membuka pintu kolaborasi yang berharga antara peserta. Dampak jangka panjang diharapkan menciptakan perubahan positif dalam pengelolaan sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan. Hasilnya menyoroti pentingnya investasi dalam pelatihan manajemen pendidikan untuk mencapai perbaikan berkelanjutan dalam sektor pendidikan. Kesimpulannya, pelatihan manajemen pendidikan adalah langkah penting untuk memperbaiki pengelolaan sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hasilnya menciptakan potensi perubahan positif yang berkelanjutan dan memperkaya pemahaman peserta tentang manajemen pendidikan.References
Ariestika, E., Pranata, D., Hita, I. P. A. D., & Armanjaya, S. (2022). Literature Review: Exercise For Patients With Type 2 Diabetes Mellitus Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Jasmani (Jpj), 3(2), 104–114.
Astuti, E., Yunita, P., Tambunan, F., Wahyuni, F. S., & Setiyawati, R. I. (2023). Pelatihan Pengenalan Dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel Pada Smu Swasta Dharmawangsa Medan. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 50–57.
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i1.723
Dewi, M. S. A., Lestari, N. A. P., Astuti, N. M. I. P., Hita, I. P. A. D., Kurniawati, K. L., Fatmawan, A. R., & Isyarotullatifah, I. (2023). Pengaruh Gender Dan Strategi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ijedr: Indonesian Journal Of Education And Development Research, 1(2), 51–58.
Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/14784
Hita, I. P. A. D., Dewi, K. A. K., Indrawan, I. K. A. P., Ariestika, E., & Pranata, D. (2023). Socialization Of Basketball Game Rules. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 3(1), 20–27.
Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. (2020). Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, And Total Energy Expenditure Of Indonesia Migrant Workers During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 122–128. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Jpjo.V5i2.26791
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47.
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ali Yusron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.