PERAN PELAKU USAHA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM KRIPIK BROWNIES KRIBRO” DI KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20855Keywords:
UMKM, Pelaku Usaha, Penjualan, Kripik KriboAbstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru, UMKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis moneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.Saat ini, UMKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia.UMKM merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UMKM hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Pelaku usaha Kripik Brownies Kriibo dinilai kurang efektif dalam melakukan penjualannya. Tujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan penjualan yang di lakukan Kripik Brownies Keribo. Memenage secara terstruktur dalam meningkatkan kecepatan penyelesaian persoalan penjualan produk serta membentuk keputusan strategisReferences
Agustriyana, D., Ramadhan, N., Oktavien, S., & Sofyandi, R. H. (2021). Bertahan Usaha Pada Umkm Di Tengah Pandemic Covid-19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. Https://Doi.Org/10.32493/J.Pdl.V3i2.8787
Arliani, L., Indrayani, L., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha Dan Modal Usaha Terhadap Keberhasilan Umkm Di Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Asngadi, & Mas’adah. (2018a). Industrialization Of Small Medium Enterprises. 231(Amca), 186–189. Https://Doi.Org/10.2991/Amca-18.2018.51
Asngadi, & Mas’adah. (2018b). Industrialization Of Small Medium Enterprises (A Phenemenological Study On Rattan Cluster Industry In Cirebon, Indonesia). Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018).
Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk Umkm Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V12i1.279
Burhan, U., & Wahyudi, S. T. (2017). Externality Analysis Of Darul ‘ Ulum Pesantren At Rejoso Peterongan Jombang. 423–438.
Faisal, M., Widjaja, S. U. M., & Hermawan, A. (2021). Literasi Ekonomi Pelaku Usaha Ukm Culinary Market. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V5i11.14169
Faroman, S. (2023). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Pustaka Mitra.
Henry Simamora. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional. Manajemen Pemasaran Internasional.
Imam Pamungkas Walton, & Nurmandi, A. (2021). Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Governabilitas (Jurnal Ilmu Pemerintahan Semesta). Https://Doi.Org/10.47431/Governabilitas.V2i2.117
Langga, L. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Kesyahbandar Dan Otoritas Pelabuhan Kelas Ii Samarinda. Administrasi Publik.
Lembaran Negara Republik Indonesia. (2013). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Bab I, Pasal 1 Ayat (3). Journal Of Chemical Information And Modeling.
Manzoor, F., Wei, L., & Sahito, N. (2021). The Role Of Smes In Rural Development: Access Of Smes To Finance As A Mediator. Plos One. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0247598
Menne, F., Surya, B., Yusuf, M., Suriani, S., Ruslan, M., & Iskandar, I. (2022). Optimizing The Financial Performance Of Smes Based On Sharia Economy: Perspective Of Economic Business Sustainability And Open Innovation. Journal Of Open Innovation: Technology, Market, And Complexity. Https://Doi.Org/10.3390/Joitmc8010018
Nikmah, M., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Diferensiasi Untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif Pada Umkm Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani. Https://Doi.Org/10.51353/Jmbm.V4i1.627
Nitisemito, A. (1993). Manajemen Personalia. Jurnal Administrasi Pendidikan Ghalia Indonesia.
Putri, D. P. S., Bakti, P., Supono, I., Zulziar, M., & Wibowo, P. (2020). Optimalisasi Penjualan Online Untuk Kelompok Usaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Singgih, C. T., Galahartlambang, Y., & Firdawati, Y. (N.D.). Pelatihan Digital Marketing Umkm Kawasan Pondok Pesantren Rejoso Peterongan Jombang. 41, 414–417.
Tambunan, T. (2009). Umkm Di Indonesia. In Ghalia Indonesia.
Tulus Tambunan. (2020). Pasar Tradisional Dan Peran Umkm. In Ipb Press.
Wardani, T. E., & Fauziyah, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Menjual Sayuran Ke Sub Terminal Agribisnis Ngoro. Jurnal Agrica. Https://Doi.Org/10.31289/Agrica.V15i2.7619
Yamani, A. Z., Muhammad, A. W., & Faiz, M. N. (2019). Penguatan Ekonomi Lokal Pada Pelaku Umkm Berbasis Digital Di Desa Winduaji Kabupaten Brebes. Madani?: Indonesian Journal Of Civil Society. Https://Doi.Org/10.35970/Madani.V1i1.29
Yi, H. T., Cha, Y. B., & Amenuvor, F. E. (2021). Effects Of Sales-Related Capabilities Of Personal Selling Organizations On Individual Sales Capability, Sales Behaviors And Sales Performance In Cosmetics Personal Selling Channels. Sustainability (Switzerland). Https://Doi.Org/10.3390/Su13073937
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juliani Pudjowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.