EDUKASI MASYARAKAT TENTANG DIDACTIVE LEARNING: PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENDAMPINGAN KELUARGA

Authors

  • Veni Nella Syahputri Universitas Teuku Umar
  • Cut Nabilla Kesha Universitas Teuku Umar
  • Muntaha Mardhatillah Universitas Teuku Umar
  • Siti Jahria Sitompul Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20775

Keywords:

Didactive Learning, Bahasa Inggris, Keluarga; Ibu Rumah Tangga

Abstract

Edukasi berperan penting terhadap kesuksesan anak dimasa depan. Orang tua dituntut untuk menjadi pendamping di rumah dalam menanamkan nilai dan cara-cara edukasi bahasa inggris yang mearik dan kreatif sehingga anak akan menyenangi belajar bahasa inggris. Salah satu metode pembelajaran bahasa inggris yang dapat diterapkan oleh orang tua dalam mengarahkan anak-anaknya untuk mampu memahami bahasa inggris dengan baik adalah Didactive Learning. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan edukasi dan memberdayakan orang tua sebagai madrasah pertama untuk mengajarkan bahasa inggris. Metode pengabdian terdiri dari persiapan, pelaksanan, dan evaluasi. Terdapat 20 khalayak sasaran yang terdiri dari ibu rumah tangga yang berpartipasi dalam pengabdian ini dan bertempat di Ujong Tanjong Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Hasil pengabdian menunjukan bahwa 85% ibu-ibu rumah tangga mengaku bahwa setelah menerapkan metode serta langkah-langkah pembejaran melalui didactive learning, anak terbukti lebih menyukai bahasa Inggris dari sbelumnya. Oleh karena itu, ibu rumah tangga disarankan untuk memberikan perhatian penuh dalam melakukan pendampingan belajar bahasa Inggris karena dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa di rumah.

References

Danim, Sudarwan. 2000. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia

Daradjat, Zakiah, dkk. 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Buni Aksara,

D.H Dequelqe dan A. Gazali. 2011. Didactive Laerning Based on Experts’ Perspective.McGraw-Hill. New York-USA.

Fakithah. 2015. Pola Parenting di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Media

Hasbaini, Malik S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismail, Ahmad. 1998. Pendekatan Pembelajaran Efektif Bagi Pemula dan Menengah Atas: Perspektif Pendidikan Masa Era Disrupsi. Jakarta: Setia Aksara Angkasa.

Kosim, Mohammad. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Pena Salsabila

Munzawir. 2018. Pembelajaran Efektif secara Didaktik Pada Anak Usia Dini. Pustaka Abadi. Jakarta: Mega Media Abadi

Roestiyah.2010. Didaktik Metodik. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Susyatno, Jarim. 2008. Analisis Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Syahputri, V. N., Kesha, C. N. ., Mardhatillah, M., & Sitompul, S. J. (2023). EDUKASI MASYARAKAT TENTANG DIDACTIVE LEARNING: PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENDAMPINGAN KELUARGA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10934–10938. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20775