PENDAMPINGAN AKREDITASI MADRASAH ALIYAH ANWARUL HASANIYYAH (ANWAHA) KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Syahrani Syahrani STAI Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20670

Keywords:

Akreditasi Madrasah, Pendampingan, Asesor

Abstract

Madrasah yang belum terakreditasi atau sudah berakhir masa kadaluarsa akreditasinya dianggap tidak bermutu, namun akreditasi masih dianggap menakutkan bagi semua madrasah, terlebih madrasah baru, sehingga perlunya kegiatan pendampingan akreditasi bagi Madrasah Aliyah Anwarul Hasaniyyah yang baru berdiri 20 Juni 2022. Metode yang digunakan adalah pendampingan akreditasi terhadap Madrasah Aliyah Anwarul Hasaniyyah yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah Desa Marindi Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil pendampingan berupa MA Anwarul Hasaniyyah masuk dalam kouta akreditasi tahun anggaran 2023 dan terlaksananya visitasi akreditasi MA Anwarul Hasaniyyah pada tanggal 8-9 Agustus 2023 dan selesainya perbaikan dokumen akreditasi pada tanggal 12 Agustus 2023.

References

Ahmadi, S., & Syahrani, S. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran di STAI Rakha Sebelum, Semasa dan Sesudah Pandemi Covid-19. Adiba: Journal of Education, 2(1), 51-63.

Aida, A., Fitri, C., Hanna, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Data Kesiswaan Di Sekolah Paud KB Al Khair Desa Simpang Empat. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 705-715.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.

Annida, A., & Syahrani, S. (2022). Strategi Manajemen Sekolah Dalam Pengembangan Informasi Dapodik Di Internet. Educational Journal: General and Specific Research, 2(1), 89-101.

Anshari, M. R., Rahmad, R., Refki, R., Syamsul, S., & Syahrani, S. (2023). Menajemen Kinerja Guru PAI Terhadap Pengembangan Karakteristik Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 682-704.

Ariana, A., & Syahrani, S. (2022). Impelementasi Manajemen Supervisi Teknologi Di SDN Tanah Habang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 68-78.

Ariani, A., & Syahrani, S. (2021). Standarisasi Mutu Internal Penelitian Setelah Perguruan Tinggi Melaksanakan Melakukan Pengabdian Masyarakat. Adiba: Journal of Education, 1(1), 97-106.

Ariani, D., & Syahrani, S. (2022). Manajemen Pesantren Dalam Persiapan Pembelajaran 5.0. Cross-border, 5(1), 611-621.

Dewi, P. R., & Ali, N. (2020). Peningkatan Skor Akreditasi Madrasah Melalui Lembaga Penjaminan Mutu. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 44-54.

Faizah, F., Hamdiah, H., Helda, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Perencanaan Kepala Sekolah Di MTs Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 670-681.

Faradila, A. N., Sholehah, D., Halimah, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Supervisi Pendidikan Di MTs Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 727-738.

Fatimah, H., & Syahrani, S. (2022). Leadership Strategies In Overcoming Educational Problems. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 282-290.

Fikri, R., & Syahrani, S. (2022). Strategi pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran di pondok pesantren rasyidiyah khalidiyah (Rakha) amuntai. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 79-88.

Fitri, A., & Syahrani, S. (2021). Kajian Delapan Standar Nasional Penelitian yang Harus Dicapai Perguruan Tinggi. Adiba: Journal of Education, 1(1), 88-96.

Hamidah, H., Syahrani, S., & Dzaky, A. (2023). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 8 Hulu Sungai Utara. Fikruna, 5(2), 223-239.

Hanun, F. (2015). Akreditasi Madrasah Sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Edukasi, 13(1), 294471.

Helda, H., & Syahrani, S. (2022). National standards of education in contents standards and education process standards in Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 257-269.

Herianto, E., Rispawati, R., Dahlan, D., & Alqardi, B. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Tentang Persiapan Akreditasi dan Dampaknya Bagi Kesiapannya dalam Menyongsong Akreditasi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 291-300.

Hidayati, A., Sakdiah, H., Aisye, I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Anak Di Madrasah Tsanawiah Anwaha Marindi. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(5), 857-877.

Ilhami, R., & Syahrani, S. (2021). Pendalaman materi standar isi dan standar proses kurikulum pendidikan Indonesia. Educational Journal: General and Specific Research, 1(1), 93-99.

Irpina, I., Anisa, N., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah Tabalong. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 649-669.

Iskamto, D., Liyas, J. N., Gultom, E., Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 46-51.

Komariah, N., & Mirnawati, M. (2023). Manajemen Akreditasi Sekolah/Madrasah. Al-Afkar: Jurnal keislaman dan peradaban, 11(01), 13-27.

Kurniawan, M. N., & Syahrani, S. (2021). Pengadministrasi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 69-78.

Maulida, R., & Syahrani, S. (2022). Pengaruh Lingkungan Kos Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa STAI Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai. Al-gazali Journal of Islamic Education, 1(02), 118-134.

Najiah, A., Herni, H., Suci, I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di MI Tahfiz Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 632-648.

Norhidayah, N., Sari, H. N., Fitria, M., Bahruddin, M., Mutawali, A., Maskanah, M., ... & Syahrani, S. (2022). Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Journal of Community Dedication, 2(1), 26-36.

Nurkhatiqah, A., Rahmatina, D., Istiqamah, I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Komunikasi Antara Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MI Tahfidz Anwarul Hasaniyyah. Adiba: Journal Of Education, 3(4), 569-585.

Nurmawati, N. (2019, December). Peran Pengawas dalam Mempersiapkan Akreditasi Madrasah. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 3, No. 1, pp. 950-963).

Padlan, M., Sapitra, M., Saputra, M. H., Sairi, S., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTSS) Nurul Hikmah. Adiba: Journal Of Education, 3(4), 543-568.

Ramdani, A., Witono, A. H., & Sukardi, S. (2018). Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Untuk Peningkatan Mutu Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Wilayah IV. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1).

Rasidah, J., Dzaky, A., & Syahrani, S. (2023). Pengaruh Pergaulan Terhadap Akhlak Siswa Di MTs Mathla'ul Anwar Tuyau. Fikruna, 5(2), 161-176.

Reza, M. R., & Syahrani, S. (2021). Pengaruh Supervisi Teknologi Pendidikan Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Educational Journal: General and Specific Research, 1(1), 84-92.

Rifki, M., Syabri, S., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Efektivitas Media Pembelajaran Siswa–Siswi Di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 739-753.

Riska, R., Fauziah, Y., Hayatunnufus, I., Fatimah, S., Effendi, M., Rayyan, M., ... & Syahrani, S. (2022). Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Sungai Panangah Angkatan XXIII Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Journal of Community Dedication, 2(1), 37-47.

Sahabuddin, M., & Syahrani, S. (2022). Kepemimpinan pendidikan perspektif manajemen pendidikan. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 102-112.

Sogianor, S., & Syahrani, S. (2022). Model pembelajaran pai di sekolah sebelum, saat, dan sesudah pandemi. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 113-124.

Susetyo, B., & Athiyah, C. N. U. (2021). Peta Mutu Pendidikan Madrasah Berdasarkan Akreditasi. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 9(1), 71-80.

Susetyo, B., & Muksin, H. (2022). Reformasi Akreditasi Sekolah/Madrasah: Pendekatan Model Prediksi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 13-24.

Syahidah, N. L. (2022). Persiapan Akreditasi Sekolah Melalui Diseminasi. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 3(2), 105-116.

Syahrani, S. (2019). Manajemen Pendidikan Dengan Literatur Qur’an. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 10(2), 191-203.

Syahrani, S. (2021). Anwaha's Education Digitalization Mission. Indonesian Journal of Education (INJOE), 1(1), 26-35.

Syahrani, S. (2022). Model Kelas Anwaha Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Masa Covid 19. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 38-47.

Syahrani, S. (2022). Strategi Pemimpin dalam Digitalisasi Pendidikan Anwaha Tabalong. AL-RISALAH, 18(1), 87-106.

Syahrani, S., Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Pendidikan Nilai-Nilai Keikhlasan Bagi Santri Al-Madaniyah Jaro an Santri Anwaha Marindi Kabupaten Tabalong. Modernity: Jurnal Pendidikan dan Islam Kontemporer, 3(1), 19-26.

Syahrani, S., Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Penggodokan Keikhlasan Santri Anwaha Marindi Dan Almadaniyah Jaro. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(3), 1184-1192.

Syakbaniansyah, S., Norjanah, N., & Syahrani, S. (2022). Penyusunan Administrasi Guru. Al-Risalah, 17(1), 47-56.

Syarwani, M., & Syahrani, S. (2022). The Role of Information System Management For Educational Institutions During Pandemic. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 270-281.

Yanti, D., & Syahrani, S. (2022). Student management STAI rakha amuntai student tasks based on library research and public field research. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 252-256.

Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba. Journal of Education, 1(1), 61-68.

Yarni, M., Ridha, M., Ruhi, M., Ramadani, M., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Perpustakaan Sekolah MA Anwarul Hasaniyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 716-726.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Syahrani, S. (2023). PENDAMPINGAN AKREDITASI MADRASAH ALIYAH ANWARUL HASANIYYAH (ANWAHA) KABUPATEN TABALONG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10329–10335. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20670