IMPLEMENTASI DESAIN DIGITAL KREATIF UNTUK BRANDING PRODUK BERBASIS MOBILE UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Teguh Setiadi Universitas Sains Dan Teknologi Komputer Semarang
  • Ayyub Hamdanu Budi Nurmana MS Universitas Sains Dan Teknologi Komputer Semarang
  • Laksamana Rajendra Haidar Azani Fajri Universitas Sains Dan Teknologi Komputer Semarang
  • Susanti Dwi Ilhami Universitas YPPI Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.20639

Keywords:

Branding, logo, aplikasi Logo Maker, UMKM

Abstract

Kata brand mempunyai arti merek, sedangkan pengertian branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan memperbesar suatu merek agar lebih dikenal masyarakat. Perusahaan menciptakan suatu merek yang diberi logo agar dikenal di masyarakat. Meski seringkali dengan gaya yang sederhana, logo itu sulit dibuat. Itu karena ini bukan sekadar kombinasi grafis indah dengan font mewah, dengan simbol yang mengidentifikasi bisnis. Membuat logo sendiri mungkin terdengar sulit jika ini pertama kalinya mencoba membuat logo sendiri, Ada beberapa sumber logo yang mudah digunakan untuk membantu pelaku UMKM Kecamatan Weleri membuat logo sendiri. Aplikasi seperti Logo Maker dan template logo bisnis akan membantu pelaku UMKM Kecamatan Weleri untuk mendesain logo Anda sendiri dengan cepat dan profesional. Apapun produknya, fungsi branding adalah memberi ciri khas dan menjadi penanda suatu produk. Dengan demikian, produk akan terus diingat oleh pelanggan begitu selesai melakukan transaksi jual beli. Sehingga memperluas kunjungan pelanggan kembali membeli produk yang sudah mempunyai merek karena mudah diingat. Kegiatan pelatihan dan pendampingan membuat poster dalam bentuk digital yang dapat digunakan sebagai media iklan digital.

References

Aat Ruchiat Nugraha, (2015); Pengaruh Design Logo Baru Bumd Yang Berbasiskan Kearifan Lokal Terhadap Citra Perusahaan, Jurnal Makna Vol. 5 No. 1 hal: 1-17

Denny Wirawan, Peni Pratiwi, Birmanti Setia Utami, (2019); Perancangan Brand Identity Band Cool And The Gang, Jurnal Imajinasi Vol. XIII No. 1 - Januari 2019, hal : 58-69

Fauzan Agung, Zubaidah, Riri Trinanda, (2018); Redsain Logo Usaha Roti Dan Kue Anita Payakumbuh, Karya Akhir Prodi Desain Komunikasi Visual, hal 1-17

Hastuti, I. (2019). Perlindungan Hukum bagi Pemilik Merek Terkenal berdasarkan Undang-UndangNomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Hukum dan DinamikaMasyarakat, 16(2), 174-184.http

.Ilhami, S. D., & Setiadi, T., (2022); Penguatan Produk “Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks" SOLIDITAS"(J-SOLID), 5(2), 202-210.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Terjemahan BobSabran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Muhamad Nastain, (2017); Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk), Jurnal Channel , Vol. 5, No. 1, April 2017, hal. 14-26 ISSN: 23389176

Sri Endah Cahyaningsih, (2016); Peningkatan Kemampuan Memahami Konsep Warna Melalui Metode Proyek, Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) ISSN 2477-2240 (Media Cetak) Vol. 1, No. 3, Juli 2016 hal : 2477-3921 (Media Online)

Setiadi, T., Fajri, L. R. H. A., & Ilhami, S. D., (2023); Penerapan Sistem Informasi Untuk survei Marketplace dalam Bisnis Keatif UMKM Berbasis E-commerce. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 2(2), 16-29

Setiadi, T., Rajendra, L., & Ilhami, S. D. , (2023); PENERAPAN KONTEN DIGITAL UNTUK MENDUKUNG STATEGI PROMOSI UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3837-3842.

Setiadi, T., & Syukur, A., (2020); A Designing Haji Portion Financing Advertising as a Media Promotion with Direct Marketing Method at Kospin Sekartama. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 94-101.

Ika Nur Solechah, (2019); Diunduh dari: https://www.herosoftmedia.co.id/iklan-digital-vs-iklan-konvensional/

Farrah Fathya, (2019); 5 Alasan Mengapa Strategi Branding (Sangat) Penting bagi Bisnis Anda, Diunduh dari: https://blog.sribu.com/id/strategi-branding-bisnis-anda/ ://dx.doi.org/10.36356/hdm.v16i2.1026

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Setiadi, T. ., MS, A. H. B. N. ., Fajri, L. R. H. A. ., & Ilhami, S. D. (2023). IMPLEMENTASI DESAIN DIGITAL KREATIF UNTUK BRANDING PRODUK BERBASIS MOBILE UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11961–11969. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.20639