PENDAMPINGAN KEPALA SEKOLAH MEMPERSIAPKAN PERANGKAT AKREDITASI KOMPONEN MUTU GURU DAN MANAJEMEN SEKOLAH (Pengabdian Masyarakat di SDN Se-Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20628Keywords:
Persiapan Perangkat Akreditasi, Community Based Research, Pengabdian MasyarakatAbstract
Kegiatan Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. Kegiatan akreditasi diharapkan menjadi pendorong dalam menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan dan memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu sekolah/ madrasah yang berkelanjutan, serta terus berusaha mencapai mutu yang diharapkan. Dalam kegiatan ini, peran kepala sekolah sangat penting. Namun dalam faktanya timbul masalah yaitu belum optimalnya persiapan perangkat akreditasi terutama dalam komponen Mutu Guru dan Manajemen Sekolah. Oleh karena itu diajukan solusi dari masalah tersebut berupa pendampingan persiapan perangkat akreditasi dengan pendekatan Community-Based Research. Pendekatan ini memiliki lima langkah utama yaitu: 1) Pemilihan masalah (Choosing A Problem); 2) Mengidentifikasi Sumber Daya dan Solusi Sekitar masalah (Identifying Resources and Solutions Around A Problem); 3) Mengembangkan rencana kegiatan pendampingan (Developing a Plan); 4) Implementasi Rencana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Implementing the Plan); dan Evaluasi Kegiatan Pendampingan (Evaluation). Hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui kegiatan pendampingan telah berhasil manfaat bagi kedua belah pihak yaitu tim peneliti dan kepala sekolah serta Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan Duren Sawit. Kegiatan serupa perlu diadakan kembali pada waktu yang akan datang khususnya di wilayah Suku Dinas Jakarta Timur bagi sekolah yang belum tergabung pada kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan saat ini.References
Mustofa, I. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Peserta Didik Dalam Penjaminan Mutu Eksternal. Cermin: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 2(1), 54-63.
Ohmer, Mary L., Amy N. Mendenhall, Michele Mohr Carney & Deborah Adams. 2022. Community Engagement: Evolution, Challenges and Opportunities for Change, Journal of Community Practice, 30:4, 351-358, DOI: 10.1080/10705422.2022.2144061
Saddang, M., Bani, S., Fathani, H. S., Usri, U., Kamus, K., Hasanuddin, M. I., ... & Hamzah, N. H. (2022). Pelatihan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Majene: IASP 2020. MALAQBIQ, 1(2), 51-58.
Soraya, E., Halim, N., Santosa, H., & Theolin, E. (2021, December). Pendampingan Penyusunan Instrumen Perangkat Akreditasi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, pp. SNPPM2021P-288).
Soraya, E., Theoline, E., Farashati, A., Humariyah, H. F., Annisa, S., & Nugraha, S. (2022). Pendampingan Kepala Sekolah dan Guru Mempersiapkan Perangkat Akreditasi dan Manajemen Sekolah di Sekolah Menengah Atas. SEPAKAT Sesi Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 13-20.
Strand, K., Marullo, S., Cutforth, N. J., Stoecker, R., & Donohue, P. 2003. Community-Based Research and Higher Education: Principles and Practices. Jossey-Bass.
Tambunan, M. A. (2013). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah dalam Peningkatan Akreditasi Madrasah Aliyah Negeri I Kota Langsa. Serambi Tarbawi, 1(2).
Wanti, I. A. (2017). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan di MAS Al Maksum Stabat, Kabupaten Langkat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Weil, Marie., Michael S. Reisch., & Mary L. Ohmer. 2012. The Handbook of Community Practice. Pennsylvania: SAGE Publications, Inc.
Winarti, T. (2020). Penerapan model pembinaan kelompok dan individu untuk meningkatkan nilai akreditasi komponen standar isi bagi sekolah binaan SMP wilayah kecamatan Pemalang. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(3), 516-524.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Evitha Soraya, Supadi Supadi, Easyah Theoline, Senata Nugraha, Haura Faiza Huriyah, Alfiya Farashati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.