PENDAMPINGAN DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM PALIMAFOODS

Authors

  • Kurnia Heriansyah Universitas Pancasila
  • Indra Satria Universitas Pancasila
  • Hindradjid Harsono Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20626

Keywords:

Pendampingan UMKM, Penyusunan Laporan Keuangan, Pemasaran Digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah bentuk bisnis yang dikelola langsung oleh individu dalam negeri yang memiliki modal tidak lebih dari lima puluh juta rupiah. UMKM Palima Foods adalah bisnis home industry yang memproduksi dan mendistribusikan makanan konsumen secara langsung dan online. Bisnis ini telah berjalan secara terus-menerus sejak didirikan pada tahun 2003, terbukti dengan sirkulasi bisnis yang konsisten dan mampu mengembangkan produknya. Manajemen bisnis, yang dikelola langsung oleh pemilik dan dibantu oleh beberapa karyawan, telah mendaftarkan produknya dengan Badan POM, memiliki sertifikat Halal dari MUI, dan terdaftar di Dinas Perindustrian/Perdagangan di Kota Depok. UMKM ini menerima bimbingan dari Pemerintah Daerah Depok dan salah satu BUMN. Dalam kegiatan PKM ini, yang dilakukan adalah bantuan dalam menyusun laporan keuangan menggunakan AkuntansiKu dan bantuan aplikasi pemasaran digital Canva, Tiktok, Instagram, serta membuat akun e-commerce Shopee. Diharapkan kegiatan PKM ini dapat membantu UMKM secara berkelanjutan sehingga mampu menyusun laporan keuangan yang diperlukan dan juga mampu memasarkan produknya lebih luas.

References

Cao, K., & Yang, Z. 2016. A study of E-commerce adoption by tourism websites in China. Journal of Destination Marketing & Management, 5(3), 283-289.

Dindin Abdurohim BS. 2021. Pengembangan UMKM. Gramedia.

Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran.. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyadi. Sistem Akuntansi. 2000. Salemba Empat

Nurrohmah, Anandia dan Farah Alfanur. 2016. Adopsi e-commerce pada Usaha Mikro dan Kecil di Bandung (Studi Kasus Subsektor Fesyen). e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2 Agustus 2016 | Page 1120

Ridwan Sanjaya, Jason Canggayuda, Devina Gunadi, dan Simeon Bensona, 2019. Mudah Membuat Aplikasi Pemasaran Digital 360 Derajat Elex Media Komputindo.

Totok Haryanto - Siti Nur Azizah. 2022. Pengantar Praktis Pemasaran Digital. Gramedia.

Turban , E. Et al. 2010. Electronic Commerce: A managerial Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall, inc.

Vincent Didiek Wiet Aryanto dan Yohan Wismantoro. 2020Marketing Digital : Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. Gramedia.

William J. Stanton, 2010. Dasar-dasar Pemasaran, Erlangga. Jakarta:

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Heriansyah, K., Satria, I., & Harsono, H. (2023). PENDAMPINGAN DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM PALIMAFOODS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10063–10069. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20626