PENYULUHAN CARA MEREVIEW ARTIKEL JURNAL MENGGUNAKAN AI BAGI GURU-GURU JENJANG PENDIDIKAN DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.20598Keywords:
AI, Artificial Intellengence, Pendidikan Masyarakat, Penyuluhan, Guru.Abstract
Penyuluhan cara mereview artikel jurnal menggunakan artificial intelligence sangat penting untuk dilakukan mengingat semakin maraknya berbagai macam artificial intelligence diberbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Artificial intelligence ini dipercaya dapat membantu pekerjaan manusia pada beberapa hal. Pendidikan masyarakat menjadi metode pengabdian ini dilakukan. Penyuluhan dilalui enam tahapan, yaitu: penyuluh melakukan penyuluhan, penyuluhan berisi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap bagaimana cara mereview artikel jurnal menggunakan artificial intelligence, penyuluhan diharapkan menunjukan perubahan perilaku dan tindakan nyata yang berdampak pada peningkatan kualitas guru jenjang pendidikan dasar. Penyuluhan cara mereview artikel jurnal menggunakan artificial intelligence ini mempermudah guru-guru jenjang pendidikan dasar saat mereview artikel yang dijadikan sebagai salah satu bahan sumber belajar yang akan diberikan pada siswa di kelas. Penyuluhan ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan agar kualitas guru-guru jenjang pendidikan dasar dapat terus meningkat terutama dalam mengimplementasikan artificial intelligence pada tugas kesehariannya. Periset lanjutan bisa mengupayakan riset berkaitan dengan implementasi terkait efisiensi dan efektivitas artificial intelligence bagi guru jenjang lainnya.References
Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731
Aka, K., A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724
Anita, & Astuti, S., I. (2022). Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509
Budiono, R., & Habiby, W., N. (2023). Peran Guru dan Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Anti Narkoba di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 950–963. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5332
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar (Teori dan Prosedur). In A. Syauqi, M., I. (Ed.), Laksita Indonesia (Pertama, Vol. 1, Issue 1). UIN Antasari.
Fiftinova, Erlina, Petrus, I., & Hambali, M. (2023). Training for English Teachers on Writing Scientific Articles and Using Mendeley as a Collaboration and Reference Tool. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 746–757. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.14152
Hidayatullah, B., Alawiyah, T., Karoma, & Astuti, M. (2023). Karakteristik dan Strategi Inovasi Pendidikan. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(2), 436–445.
Hoesny, M., U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595
Klarisa, L., Setiyanti, A., A., Purnomo, H., D., & Gundo, A., J. (2023). Analisis Kesiapan Pembelajaran Artificial Intelligence di Tingkat Pendidikan Dasar (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Salatiga). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1543–1552. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5271
Kurniawan, R., Yulistio, D., & Purwadi, A., J. (2022). Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran di Masa Pandemi dan Digitalisasi Sekolah di SD Negeri 58 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Pendidikan, 03(01), 50–56.
Lutfi, A., Hidayat, T., Ahsan, S., Kardipah, S., & Nugroho, W. (2023). Profesionalisme Guru dalam Pengembangan Media: Studi Literatur Atas Media Microsoft Team sebagai Platform Pembelajaran. Jurnal Jispendiora, 2(1), 33–47.
Mambu, J., G., Z., Pitra, D., H., Ilmi, A., R., M., Nugroho, W., Leuwol, N., V., & Saputra, A., M., A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.
Pambudi, A., Y., Syafi’i, I., Kartikasari, D., W., Yarkhasy, A., Bulqiyah, H., Prayogo, L., M., Widodo, M., Apriono, D., Sukisno, Syahrial, M., F., Supriatna, U., & Zaki, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 1–8.
Rahman, A., Warta, I., K., Jupri, Haerazi, & Irawan, L., A. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah berbasis Jurnal Ilmiah bagi Guru SMP-SMA Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.36312/abdi.v1i1.911
Sahelatua, L., S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8579/3601
Samosir, A., & Awalia, N. (2022). Analisis Keterampilan Guru Menggunakan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Sekolah dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 217–223.
Sanjaya, W., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Era Industri 4.0 di Sekolah Dasar. Jurnal IKA (Ikatan Alumni) PGSD UNARS, 12(2), 187–196. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
Septikasari, R., & Frasandy, R., N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122.
Tjahyanti, L., P., A., S., Saputra, P., S., & Gitakarma, M., S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21.
Wijasena, A., C., & Haq, M., S. (2021). Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT sebagai Penunjang Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 240–255. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38779/34142
Witarsa, R., Nurmalina, & Mufarizuddin. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Desa Ridan Permai. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2962
Witarsa, R., Nurmalina, & Mufarizuddin. (2022). Penyuluhan Jenis Sumber Belajar Digital Guru di Sekolah Dasar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 372–378. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4214
Yunita, H., & Sholeh, M. (2021). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media Penunjang Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(02), 377–388.
Yusrizal, Safiah, I., & Nurhaidah. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134. https://media.neliti.com/media/publications/188058-ID-kompetensi-guru-dalam-memanfaatkan-media.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ramdhan Witarsa, Nurmalina Nurmalina, Mufarizuddin Mufarizuddin, Ardalina Ardalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.