EDUKASI DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK DI SD PONDOK KASIH BATAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20526Keywords:
Edukasi, Game Online, Minat Belajar, Peserta didik.Abstract
Salah satu tantangan bagi pelajar di era saat ini adalah game online, dimana game online memberikan dampak negatif bagi anak terutama terhadap minat belajarnya. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengedukasi khususnya siswa-siswi SD Pondok Kasih Batam agar tidak terjerumus dalam kecanduan game online. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei analisis lapangan yang dilakukan dengan beberapa tahapan yakni; Pertama, Observasi, dimana tim PkM melakukan survei terhadap mitra kegiatan untuk memperoleh informasi berdasarkan kebutuhan lapangan. Kedua, implementasi edukasi terhadap siswa tentang dampak negatif game online. Ketiga, Mengevaluasi kegiatan yang bertujuan untuk melihat sejauh mana keberhasilan PkM yang telah dilaksanakan. Melalui kegiatan ini peserta didik mempunyai wawasan yang lebih luas dan mampu memahami dengan benar dampak negatif dari kecanduan bermain game online terhadap minat belajar, kesehatan fisik dan mental. Kemudian siswa juga memahami bagaimana upaya yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terjebak oleh maraknya game online.References
Asri suci afian, i irfan zinat achmad, resty gustiawati, dhika bayu mahardhika. 2022. “pengaruh game online mobile legend terhadap kesehatan mental peserta didik.” Jurnal porkes 5(2):391–405. Doi: 10.29408/porkes.v5i2.6110.
Gulo, moralman. 2023. “pendidikan agama kristen dalam keluarga?: upaya menghindari remaja terjerumus pronografi di era digital.” 3(2):138–46.
Jafri, yendrizal, sinta rahma yuni, and yuli permata sari. 2018. “bermain game online dengan motivasi belajar pada anak sekolah dasar.” Prosiding seminar kesehatan perintis 1(1):1–19.
Manurung, kosma. 2021. “strategi orang tua kristen dalam membangun disiplin anak.” Visio dei: jurnal teologi kristen 3(1):22–39. Doi: 10.35909/visiodei.v3i1.177.
Nisa, afiatin. 2015. “pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.” Faktor jurnal ilmiah kependidikan ii(1):1–9.
Noyita, e., j. C. H. Kaidoen, y. K. Zega, and ... 2023. “pembinaan karakter kristiani untuk mempersiapkan generasi pemenang di sma negeri 20 batam.” Jurnal pengabdian … 4(2):962–69.
Robbiyanto noer syarief, handayani tri yani, and fadila erida. 2022. “pengaruh game online terhadap perubahan perilaku remaja influence of games online on changes in adolescent behavior.” Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku remaja influence of games online on changes in adolescent behavior 1(2):15.
Rohmah, nadia, sholeh hidayat, and lukman nulhakim. 2021. “implementasi pendidikan karakter disiplin dalam mendukung layanan kualitas belajar siswa.” Jurnal imiah pendidikan dan pembelajaran 5(1):150. Doi: 10.23887/jipp.v5i1.30308.
Suplig, maurice andrew. 2017. “pengaruh kecanduan game online siswa sma kelas x terhadap kecerdasan sosial sekolah kristen swasta di makassar.” Jurnal jaffray 15(2):177. Doi: 10.25278/jj71.v15i2.261.
Yuvita fitri irda, murdiani, dan fitriah hayati3. 2022. “analisis karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di tk poteumeureuhom kota banda aceh tahun ajaran.” 8(17):206–12.
Zendrato, yusufroni, and hendrikus otniel nasozaro harefa. 2020. “dampak game online terhadap prestasi belajar siswa.” Educativo: jurnal pendidikan 1(1):139–48. Doi: 10.56248/educativo.v1i1.21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mega Mustika Zega, Sri Pertiwi, Elia Antovia Naibaho , Rewisadi Gulo, Renny Victoria Sinaga , Suset Pasaribu, Pebriani Pasaribu , Kevin Yehuda Toesan , Ridayanti Pangaribuan, Dio Andrian Manurung , Natasya Sinaga, Nomi Situmeang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.