IMPLEMENTASI MESIN PANEN DAN MANAJEMEN SUPPLY CHAIN TERHADAP UKM RAMI DI KABUPATEN WONOSOBO

Authors

  • Farika Tono Putri Politeknik Negeri Semarang
  • Ragil Tri Indrawati Politeknik Negeri Semarang
  • Rizkha Ajeng Rochmatika Politeknik Negeri Semarang
  • Wahyu Isti Nugroho Politeknik Negeri Semarang
  • Eko Saputra Politeknik Negeri Semarang
  • Bayu Setyo Nugroho Politeknik Negeri Semarang
  • Ahmad Jalaludin Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.20481

Keywords:

Mesin Panen Batang Rami; Manajemen Supply Chain; Ekonomi Hijau; Ekonomi Digital

Abstract

Pemerintah Indonesia mencanangkan ekonomi hijau dan ekonomi digital sebagai Rencana Induk Riset Nasional (RIRN). UKM Rabersa yang telah malang melintang dalam pengembangan serat rami sebagai pengganti kapas untuk sustainability memberikan kontribusi ke dalam ekonomi hijau tersebut. Pelaksanaan pengabdian ini memberikan urgensi berupa kontribusi dalam RIRN di bidang ekonomi hijau yaitu alat panen batang rami dan di bidang ekonomi digital yaitu manajemen alur supply chain produk serat rami berbasis website. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah memberikan solusi bagi mitra dalam hal proses panen batang rami melalui pengembangan mesin panen batang rami. Selain itu kegiatan pengabdian ini akan memberikan manajemen pendataan supply chain yang lebih modern bagi mitra dengan pengembangan manajemen supply chain berbasis website. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini antara lain: (1) Sosialisasi kegiatan, (2) Rancang bangun mesin panen batang rami, (3) Rancang bangun teknologi manajemen supply chain berbasis website, (4) Pelatihan dan pendampingan penggunaan mesin panen batang rami dan teknologi supply chain berbasis website, (5) Monitoring dan evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dan kemandirian ekonomi mitra baik UKM Rami Rabersa dan mitra supply chain melalui penerapan ekonomi hijau dan digital ekonomi.

References

Murtini, Raden. Serat Tanaman Rami Dilirik Negara Jerman. 2021. Tersedia pada laman:

Nurhadiyanto, Didik, Mukhammad, AFH., Setyoko, MB., Yahya, MY., dan Riyadi, TWB. (2021). Drop test resistance on ramie fiber bulletproof panels based on harvest time and fiber treatment of ramie. Composites: Mechanics, Computations, Applications: An International Journal. 12 (1).

Eriningsih, Rifaida; Widodo, Mukti dan Marlina, Rini. (2014). Pembuatan dan karakterisasi peredam suara dari bahan baku serta alam. Jurnal Ilmiah Arena Tekstil. 29 (1).

Firiya,Beni; Marizal; Waskitho, Bagas Mulya dan Harini, Sosiati. (2020). Karakterisasi sifat tarik komposit hibrid karbon/abaka/pmma sebagai bahan alternatif prosthesis. Media Mesin : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 21 (1).

Aripin, Adi Purnama; Sallina, Surya dan Yusuf, Annisa Octa. (2011). Pemanfaatan limbah dari industry serat rami (bohmeria nivea) menjadi produk bernilai jual tinggi. Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa: Institut Pertanian Bogor.

Putri, Farika Tono; Indrawati, Ragil Tri; Hidayat, Sidiq Syamsul dan Saputra, Eko. (2020). Teknologi panen dan pasca panen terintegrasi: Mesin dekortikator portable dan alat pengering rami berbasis IoT. Laporan penelitian PRN: Politeknik Negeri Semarang.

Indrawati,RT., Putri,FT., dan Rochmatika, RA. (2021). Peningkatan Kualitas Produksi Cingklung Slukatan Khas Wonosobo Melalui Penerapan Good Manufacturing Practices. Jurnal SuryaAbdimas. 5 (3), 293-302.

Indrawati,RT., Putri,FT., dan Rochmatika, RA. (2022). Penerapan Integrated Marketing Communication sebagai Strategi Peningkatan Produktivitas dan Penjualan Produk Fashion dari Bulu Dombos (Domba Wonosobo) di Kabupaten Wonosobo. Laporan Pengabdian Masyarakat: Politeknik Negeri Semarang.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Putri, F. T. ., Indrawati, R. T. ., Rochmatika, R. A. ., Nugroho, W. I. ., Saputra, E. ., Nugroho, B. S. ., & Jalaludin, A. . (2024). IMPLEMENTASI MESIN PANEN DAN MANAJEMEN SUPPLY CHAIN TERHADAP UKM RAMI DI KABUPATEN WONOSOBO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3604–3609. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.20481