PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DAN PELATIHAN APLIKASI BANDICAM SEBAGAI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20413Keywords:
Pendampingan Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Pelatihan Aplikasi Bandicam, Media Pembelajaran Berbasis Digital, Guru SMP.Abstract
Guru di SMP memerlukan dukungan dalam mengadaptasi Kurikulum Merdeka yang mungkin berbeda dari kurikulum sebelumnya. Modul ajar merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif dalam mengkomunikasikan materi kepada siswa. Dengan menggunakan aplikasi Bandicam, guru dapat membuat materi pembelajaran digital berupa video atau tampilan layar yang interaktif dan menarik. Penelitian ini mencakup proses pendampingan dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, termasuk pemilihan materi, metode pembelajaran, dan penilaian. Selain itu, pelatihan penggunaan Bandicam akan membantu guru untuk menciptakan materi pembelajaran digital yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dan Pelatihan Aplikasi Bandicam Sebagai Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Di SMP Kecamatan Manggala Kota Makassar dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta melalui dua kegiatan yaitu (1) Pendampingan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka dan (2) Pelatihan Pembelajaran menggunakan aplikasi Bandicam yang telah dilaksanakan 70%.References
Kebudayaan, R.D.T., & Kebudayaan, R.D.T. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan kihajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3),177-187.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Akhiruddin & Amir,A. (2022). Buku Ajar Sosiologi SMA Fase E. Penerbit Samudra Biru:
Yogyakarta
Hamid, A., & Lukman, H. B. (2023). Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(2), 43-47.
Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., Forijati, R., Subagyo, S., & Yuliani, T. (2023). PkM:Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru IPS SMP di Kota Kediri.JurnalPengabdian UNDIKMA, 4(1), 206-214.
Situmorang, H., Sitanggang, R., & Manurung, I. H. (2022). Pelatihan Penggunaan BandicambagiGuru SMAN13 Medan.JurnalAbdimasMutiara, 3(1),119-130.
Saparuddin, S., & Kaswar, A. B. (2022). Pelatihan Peningkatan Keterampilan PembuatanVideoPembelajaranBerbasisMicrolearningmenggunakanAplikasiBandicamdanFilmora.Sasambo:JurnalAbdimas(JournalofCommunityService),4(4),638–647.https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.92
Koroh, L. I., Lao, H. A., Tari, E., & Liufeto, M. C. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Muhammadiyah Ende. Jurnal Nauli, 2(1), 10-16.
https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6823183/kurikulum-merdeka-belajar-pengertian-tujuan-karakteristik-hingga-keunggulannya
Habibi, B. A. S., Herayanti, L., Gummah, S., Prayogi, S., & Pangga, D. (2021). Pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi bandicam bagi dosen Pendidikan fisika FSTT Undikma. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika (Abdimandalika) e-ISSN 2722-824X, 2(2 (Desemb), 173-177.
Setiawan, U., Nurjaman, U., Fatkhulloh, F. K., & Paramansyah, A. (2022). Implementasi 4 Pilar Visi Pendidikan di Indonesia: Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(3), 432-441.
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(2), 76-87.
Anggara, A., Amini, A., Faridah, F., Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1899-1904.
Situmorang, H., Sitanggang, R., & Manurung, I. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Bandicam Bagi Guru SMAN 13 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 119-130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Akhiruddin Akhiruddin, Sriwahyuni Sriwahyuni, Syamsu Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.