SISWA BERTANYA PEMILU MENJAWAB: PENGUATAN PENGAWASAN PARTISIPATIF BAGI SISWA DI SMA NEGERI 11 GORONTALO UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20389Keywords:
Siswa, Pengawasan, Partisipatif, PemiluAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMA Negeri 11 Kabupaten Gorontalo Utara agar menjadi pemilih pemula yang lebih peka terhadap kerawanan pelanggaran Pemilu tahun 2024. Fokus utama kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran siswa mengenai pentingnya pengawasan partisipatif dalam Pemilu serta meningkatkan pemahaman mereka dalam bidang politik. Kegiatan dilaksanakan melalui metode sosialisasi dengan model ceramah dan sesi tanya jawab, dengan tema "Siswa Bertanya, Pemilu Menjawab." Metode pengabdian ini melibatkan dua tahap, yaitu persiapan dan pelaksanaan. Tahap persiapan melibatkan persiapan materi, sumber daya, dan logistik yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan sosialisasi. Tahap pelaksanaan melibatkan Dosen dan Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), serta peserta kegiatan yang terdiri dari siswa-siswi. Hasil dari pengabdian ini mencerminkan peningkatan dalam kesiapan dan partisipasi siswa dalam pengawasan Pemilu. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil mencapai perubahan positif dalam pemahaman, kesadaran, pengetahuan, serta preferensi politik siswa. Semua perubahan ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang lebih inklusif, transparan, dan demokratis.References
Bidja, I., 2022. Fungsi Pengawasan Partisipatif Dalam Mewujudkan Pemilu Demokratis. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6(1), pp. 2034-2041.
Hajad, V. et al., 2020. Pelatihan Wawasan Politik Islam Pada Siswa MAS Darul Hikmah Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), pp. 95-106.
Haris, A. & Dardum, A., 2021. Kiai NU Dan Politik (Keterlibatan Kiai NU JEMBER Dalam Kontestasi PILPRES 2019). Jurnal Fenomena, 20(1), pp. 91-114.
Irawan, D., 2011. Kampung Pengawasan Partisipatif dan Road MapIndeks Kerawanan Pemilu Di Kabupaten Indramayu. Jurnal Adhyasta Pemilu (JAP), 5(1), pp. 19-31.
Kurniawansyah, E. & Alqadri, B., 2021. Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula Pada Pilkada Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), pp. 286-293.
Latifah, N. L. D. (2020). Model Pengawasan Partisipatif Bawaslu Diy Pada Pemilu Serentak 2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
Mahmud, R., Wantu, S. M., Hamim, U. & Polone, P., 2022. Sosialisasi Penguatan Preferensi Politik Siswa Sma Negeri 1 Pinogaluman Menjelang Pemilu Serentak 2024. J. Dinamika, 7(3), pp. 526-532.
Pasaribu, J., Gea, S. D. N., Hutasoit, R. F., & Lumbantobing, A. N. (2023). Penguatan Kesadaran Politik Warga Kelompok Tani Terpadu Martubung Kecamatan Medan Labuhan Menghadapi Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2654-2657.
Primadi, A., Eefendi , D. & Sahirin, 2029. Peran Pemilih Pemula Dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif(Studi Kasus : Kelompok Agen Pengawasan Bawaslu Bangka Selatan). Journal of Political Issues, 1(1), pp. 63-73.
Ramadhanil, F., Jurnaedi, V. & Ibrohim, 2015. Desain Partisipasi Masyarakat Dalam Pemantauan Pemilu. 1 ed. Jakarta: Kemitraan Partnership dan Perludem.
Redhani, M. E., Fitri, M. S., Khalid, A. & Hanafi, 2020. Sosialisasi Pemilu Kepada Pemuda Guna Menciptakan Pemuda Yang Sadar Pemilu Di Kota Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(1), pp. 118-123.
Rohim, M., & Wardana, A. (2019). Analisis Politik Millennial: Persepsi Siswa SMA Terhadap Dinamika Politik Pada PEMILU 2019 di Indonesia. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 4(1), 47-63.
Surbakti, R., 2015. Transformasi Bawaslu dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu. 1 ed. Jakarta: Kemitraan Partnership.
Syarif, Z., 2016. Pergeseran Perilaku Politik Kiai dan Santri di Pamekasan Madura. Jurnal Al-Tahrir, 16(2), pp. 293-311.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lucyane Djaafar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.