PELATIHAN KARAKTER KRISTIANI ANAK DI TENGAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Authors

  • Dapot Damanik Institut Agama Kristen Nageri Tarutung
  • Hisardo Sitorus Institut Agama Kristen Nageri Tarutung
  • Julita Herawati P Institut Agama Kristen Nageri Tarutung
  • Rencan Carisma Marbun Institut Agama Kristen Nageri Tarutung
  • Michael Simanjuntak Institut Agama Kristen Nageri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20352

Keywords:

Karakter, Anak, Kristiani, Perkembanga Teknologi

Abstract

Pelatihan akan membuat setiap orang yang mengikutinya bisa memiliki kemampuan lebih sesuai bidang pelatihan yang diikutinya. Demikian juga anak-anak yang akan mengikuti pelatihan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diadakan oleh Tim S2 PAK Pascasarjana IAKN Tarutung. Tujuan pelatihan pada kegiata pengabdian ini yaitu edukasi memberikan pelatihan dengan memanfaatkan 3 indikator yakni, karakter jujur, karakter peduli dan karakter kerjasana yang semuanya secara kristiani. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menerapkan metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2023 dengan sasaran kelompok anak sebanyak 30 anak-anak pada usia 5-12 tahun di desa Tapian Nauli Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara bertempat di Balai Desa. Anak-anak akan dilatih dengan pemahaman 3 indikator diatas untuk lewat bimbingan tim PkM. Hasil pengabdian ini yaitu ke-30 anak tersebut berhasil dalam memanfaatkan karakternya secara Kristiani di tengah perkembangan teknologi sekarang ini.

References

Abdurahman, A., Marzuki, K., Yahya, M. D., Asfahani, A., Pratiwi, E. A., & Adam, K. A. (2023). The Effect of Smartphone Use and Parenting Style on the Honest Character and Responsibility of Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 11(2).

Aisyah, E. N. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Pengolahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Menjadi Produk Minuman. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4924

Andriati, N., Martin, M., Atika, A., Hidayati, N. W., Hendrik, H., & Hastiani, H. (2022). Pelatihan Parenting bagi Masyarakat dalam Mengembangkan Karakter Anak di Kabupaten Mempawah. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 415–424.

Ansar, Maria Ulfa, A. (n.d.). Pendidikan Dan Pengasuhan Anak. PT Gramedia Pustaka Utama.

Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter. Diva Press.

Darmawan, D., Alamsyah, T. ., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400

Dini, J. (2022). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 6(1), 261–270.

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., & Ramadhani, J. (2021). OPTIMASI GADGET DAN IMPLIKASINYA TERHADAP POLA ASUH ANAK Oleh Ai Farida1), Unik Hanifah Salsabila2), Liska Liana Nur Hayati3), Jihan Ramadhani4) & Yulia Saputri5) Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UAD, Yogyakarta, 55191. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701–1710.

Gunarsa, S. (2000). Psikologi Untuk Membimbing. PT. BPK Gunung Mulia.

Gunarsa, S. D. (2008). Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. BPK Gunung Mulia.

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan gadget oleh anak usia dini pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16–28.

Hurlock, E. B. (1978). Child Development, terj. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V). In KBBI Online (No. 2016-2020 versi 4.0). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Legi, H., Damanik, D., & Giban, Y. (2023). Transforming Education Through Technological Innovation In The Face Of The Era Of Society 5.0. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2).

Lewaherilla, N. C., Ralahallo, F. N., & Loppies, L. S. (2022). Revitalisasi Tata Kelola menuju Bumdes Produktif pada Bumdes Tanjung Siput Ohoi Lairngangas di Kabupaten Maluku Tenggara. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 331–341.

Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif. Erlangga.

Lutfa, A. (2019). PENDIDIKAN KELUARGA UNTUK MENYIAPKAN ERA SOCIETY 5.0 Asna. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

Nita, S., Andria, A., & Lukas, F. M. (2022). Pelatihan e-Learning Berbasis Multiplatform sebagai Wujud Digitalisasi Program MBKM di SMKN 2 Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 491–500. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1725

Samani, Muchlas, A. H. (2012). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Sanapiah, S., Sukarma, I. K., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Pujilestari, P., Kurniawan, A., Muzaki, A., & Nurdin, N. (2020). Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Di MTSN 1 Alas. Abdi Masyarakat, 2(1).

Simanungkalit, L. N., & Damanik, D. (2022). Pentingnya Komunikasi dalam Pernikahan dan Keluarga Kristen. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8), 11255–12244.

Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. (2023). MENGURANGI KETIMPANGAN SOSIAL MELALUI PROGRAM BANTUAN PENDIDIKAN BAGI ANAK-ANAK KURANG MAMPU. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8440–8447.

Syaribanun, C. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode PAR (Participatory Action Research) di RA Qurratun A’Yun Durung Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Tarbiyatul - Aulad Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(1).

Travelancya, T., & Asfahani, A. (2022). Model Pendampingan Penyelenggaraan Kelompok Bermain Holistik & Integratif. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(01), 29–35.

Ulfa, R. A., Asfahani, A., & Aini, N. (2021). Urgensi Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa RA. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(02), 24–31.

Wahyuni, F., & Asfahani, A. (2021). Menjadi Orang Tua Kreatif bagi Anak Usia Dini di Masa New Normal. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(1), 1–11.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Damanik, D. ., Sitorus, H. ., P, J. H. ., Marbun, R. C. ., & Simanjuntak, M. . (2023). PELATIHAN KARAKTER KRISTIANI ANAK DI TENGAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9263–9271. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20352