BRANDING "KORAN (KOPI DURIAN)" DI DESA WONOSALAM SEBAGAI PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM BERBASIS DIGITAL MARKETING

Authors

  • Acivrida Mega Charisma Universitas Anwar Medika
  • Rony Kriswibowo Universitas Anwar Medika
  • Elis Anita Farida Universitas Anwar Medika

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20343

Keywords:

Branding, UMKM, Kopi Durian, Digital Marketing

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh di seluruh sektor termasuk sektor ekonomi. Perkembangan ini di satu sisi menguntungkan berbagai pihak sedangkan di sisi lain justru merugikan. Pelaku UMKM juga terdampak akan harus perkembangan di era ini. Para pelaku UMKM sebagai salah satu aktor penggerak perekonomian kurang menyadari betapa pentingnya branding produk. Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa pelaku usaha kopi durian tidak terlalu mementingkan mengenai brand yang mereka miliki. Mereka hanya berfokus pada segi penjualan. Berbagai penelitian menghasilkan bahwa branding merupakan salah satu kunci agar produk lebih dikenal oleh masyarakat sekaligus meningkatkan hasil penjualan. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini yaitu memberikan sosialisasi pentingnya branding terhadap para pelaku usaha kopi durian sekaligus memberikan bimbingan dan pelatihan agar mampu menciptakan brand yang berbasis Digital marketing. Tujuan pengabdian kepada masyarkat ini yaitu pelaku usaha kopi durian mampu membranding produknya lebih kreatif dan menarik agar menarik minat konsumen. Tahapan metode pelaksanaan penelitian ini yaitu yang pertama wawancara untuk mencari pokok permasalahan, kedua melakukan sosialisasi pentingnya branding produk, ketiga melakukan bimbingan dan pelatihan mengenai branding produk yang menghasilkan desain yang kreatif dan inovatif sekaligus menciptakan website untuk mendukung aspek pemasaran. Luaran yang ditargetkan pada penelitian ini yaitu pelaku usaha kopi durian sadar akan pentingnya branding produk, bantuan material baik bahan maupun alat, serta pembuatan desain branding produk sekaligus pembuatan website untuk memudahkan pemasaran.

References

Achmad At, Achmad Bsa, Agustina Dpm, Fadli H,Murdhiyati Hp, Rosi R. (2022) Implementasi Strategi Branding Guna Memperkuat Brand Image Dan Brand Value Cv Mandiri Kopi. Jurnal Jubdimas;1(3)

Ahmad F, Fimansyah, Andry M, Puput K, Bentar S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Branding Yayasan Yatim/Piatu & Dhuafa At-Taufiq Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Up3m Stkip Pgri Sumatera Barat 2022

Abd Ra, Golan H. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Dan Promotion Mix Pada Umkm Berry Catszone Batam. Jurnal Adpebi 2022;1(4)

Andiwi M. (2022). Pelatihan Personal Branding Dalam Membangun Citra Diri. Science Contribution To Society Journal 2022;2(1):32-48

Cherryl Tps, Tedy Dy, Virgina M, Ayundha E, Susi H. (2022). Optimalisasi Branding Umkm Olahan Belimbing Wuluh Sebagai Produk Unggulan Di Sambiarum. Jurnal Literasi 2022;2(2). Jurnal Abdimas

Dian P, Berlintina P, Langgeng P, Syukron A. Every Word Matters. (2022). Membangun School Branding Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Mu'amanah 2022;3(1)

Dhini S, Retnoningrum H, Sukirman, Trisni S. (2022). Pelatihan Branding Bagi Usaha Mikro Dan Kecil. Jurnal Pengabdian Masyarakat 2022;2(2):50-56

Febzi F, Sugeng S, Nasution. Pelatihan Branding Dan Digital Marketing Terhadap Produk Olahan Hasil Tangkapan Kelompok Nelayan, Kota Bengkulu. Jurnal Reswara

Hardiani, Zulfanetti, Dwi H, Erni A, Purwaka Hp. (2022). Penerapan Strategi Branding Produk Stick Ubi Sebagai Oleh-Oleh Khas Desa Renah Alai Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Jurnal Studium 2022;3(4)

Heri S, Herlina. (2022). Memperluas Target Penjualan Umkm Melalui Digital Marketing. Jurnal Nusantara ;2(4):89-99

Leoni I, Dewi Ua, Wisjnumurti Bp. (2022). Membangun Brand Dan Meningkatkan Penjualan Umkm Artie Tasty Dengan Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Dedication ;6(1)

Muhammad T, Widya A, Dian A, Erni E. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Branding Yayasan Rumah Harapan Karawang. Jurnal Prawara;1(1)

Muhammad Siq, Moch K, Rindi A, Anton M. (2021). Strategi Branding Untuk Membangun Identitas Brand Dalam Meningkatkan Pemasaran Di Desa Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat;2(1):1-5

Muna F, Tika Za, Syarifatul H, Lailatul L, Ikhfina Fs. (2022). Pendampingan Usaha Menengah Kecil Masyarakat Melalui Digital Marketing Untuk Menunjang Pemasaran Produk. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat;1(2):41-51

Nurtriana H, Prind Tp, Nur W. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Abdimasku;3(3):119-124

Nurial La, Metatia Im. (2020). Program Pengabdian Masyarakat Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Mengenai Desain Komersialisasi Dan Promosi Produk Makanan Inovasi. Jurnal Abdi;6(1):58–64

Prima Jo, Fulki Da, Wiwa M, Irfan I. (2022). Pelatihan Strategi Branding Pada Smks Tinta Emas Indonesia Dengan Website Dan Sosial Media. Jurnal Janata;2(2)71-75

Pristi S, Heni A, Tri W, Budi Sw, Wisnu N, Ahmad Ha. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding Dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono.Jurnal Abdimas Phb;4(3)

Rizal Uaf, Dian Cak, Isabela Ipn, Pascawati Im, Riska Wa. (2022). Pembuatan Logo, Peningkatan Marketing Online Inovation, Dan Pembukuan Sederhana Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Toko Kelontong Vian Cell Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal Abdi Panca Marga;3(1)

Siti M, Abdur Hr. (2022). Pengenalan Digital Marketing E-Katalog Bagi Umkm Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2022;5(1):74-83

Shintia Ds, Herlina K. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Branding Logo Dan Kemasan Produk Ndoyan Jajan Di Desa Tambak Rejo Rt03 Rw 01 Kec. Waru, Kab. Sidoarjo Serta Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Profit Dindoyan Jajan. In: Seminar Nasional Patriot Mengabdi I 2021

Siti M, Maura L, Talita Ndw. (2021). Branding Dan Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Minuman Sari Buah Stroberi. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Sinapmas) 2021

Sri Ds. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat;2(1):125-136

Suhartini, Handy Gp. (2022). Pengabdian Masyarakat Mitra Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Serang Membuat Logo Dalam Rangka Membangun Identitas Usaha Dan Strategi Branding Usaha.Jurnal Pengabdian Vokasi;1(1)

Veni Sd. (2020).Branding Umkm Rengginang Dan Pengembangan Pertanian Padi Organik Dusun Randucanan, Desa Tonoboyo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma;1(2)

Pebrina S, Halimah. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada Umkm Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2023;2(8)

Reta A, Haki Wp, Maulida Z, Dewi R, Elvina Na, Satrio Hh Et Al. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Communnity Development Journal 2022;3(2)740-746

Wahyuni Es, Yulianto, Eko J, Annafi F, Syafei K, Ida Mk. (2021). Video Branding Untuk Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat 2021;4(1):10-18

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Charisma, A. M., Kriswibowo, R. ., & Farida, E. A. . (2023). BRANDING "KORAN (KOPI DURIAN)" DI DESA WONOSALAM SEBAGAI PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM BERBASIS DIGITAL MARKETING . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9143–9149. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20343

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.