PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Authors

  • Nurul Renaningtias Universitas Bengkulu
  • Julia Purnama Sari Universitas Bengkulu
  • Tiara Eka Putri Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20307

Keywords:

Literasi Digital, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Peningkatan Layanan

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat memberikan pengaruh besar pada seluruh sektor kehidupan masyarakat, termasuk di dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan harus disertakan dengan pemahaman mengenai literasi digital. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan membuat proses pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif. Hal ini juga berpengaruh dalam dunia konseling. Pemahaman literasi digital dalam pemanfataan teknologi informasi di bidang konseling ini sangat dibutuhkan, salah satunya di SMKN 1 Kota Bengkulu Pelayanan dalam dunia konseling di SMKN 1 Kota Bengkulu saat ini belum memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa adalah dengan memberikan sosialisasi, penyuluhan dan pendampingan dalam menggunakan sistem informasi bimbingan konseling. Sistem ini dapat digunakan untuk asessmen, layanan bimbingan dan konseling karir. Pengukuran atas pemahaman terkait dengan materi yang disampaikan akan dilakukan dengan menggunakan kuesioner online. Berdasarkan dari hasil posttest yang dilakukan, diketahui bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan literasi digital dalam penggunaan teknologi informasi pada proses bimbingan konseling.

References

Arianto, D. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling Sekolah. Jurnal Misbahul Ulum (Jurnal Institusi). 116-131.

Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. PENDAIS. 44-54.

Hermawan, D., Aisyah, S. dan Khoirunissa. (2019). Analisis Literasi Teknologi Guru Bimbingan dan Konseling se-DKI Jakarta Menghadapi Era Industri 4.0. Jurnal Konseling Andi Matappa (JURKAM), Vol. 3, No. 2, hlm. 58-63

Hidayat, D. R. dan Kustandi, C. (2021). Pendampingan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Peningkatan Literasi Digital untuk Asessmen dan Layanan Bimbingan dan Konseling Karir Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA di Kota Sukabumi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2021 (SNPPM-2021), ISBN 978-623-96178-2-0, 34-41.

Nugroho, E.D. dan Abrori, F.M. (2017). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sains SMP-SMA Negeri 1 Sesayap Kabupaten Tana Tidung melalui Science Technology Literacy (STL) dan Pengembangan Potensi Lokal. Jurnal pengabdian pada Masyarakat. 19-28.

Prasetiawan, H. (2017). Optimalisasi Multimedia Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 199-204.

Stukalenko, N. M., Zakhina, B. B., Kukubaeva, A. K., Smagulova, N. K., & Kazhibaeva, G. K. (2016). Studying Innovation Technologies in Modern Education. International Journal of Environtmental & Science Education, 11(15), 7297–7308.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Renaningtias, N. ., Sari, J. P., & Putri, T. E. . (2023). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9080–9083. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20307