PENJURIAN KOMPETISI DUTA BACA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TEUKU UMAR TAHUN 2023

Authors

  • Sri Hardianty STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20255

Keywords:

Penjurian, Kompetisi, Duta Baca, Literasi, Perpustakaan, Universitas Teuku Umar

Abstract

Kompetisi Duta Baca Perpustakaan Universitas Teuku Umar Tahun 2023 adalah sebuah ajang tahunan yang bertujuan untuk mendorong minat baca di kalangan mahasiswa. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang memiliki kegemaran dalam membaca dan berlangsung sepanjang tahun akademik. Acara ini berlokasi di Universitas Teuku Umar (UTU). Penjurian kompetisi dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari terdiri dari Duta Baca Indonesia, Ketua IPI Aceh dan akademisi STAIN Meulaboh dengan tahapan seleksi administrasi, tes wawancara, tes tulis, pemaparan program kerja. Penjurian dilakukan dengan mengajukan pertanyaan untuk menguji kesiapan, wawasan, dan tingkat literasi calon duta baca, kemampuan berbicara, dan analisis buku yang dibaca. Tujuan dari kompetisi ini meningkatkan minat baca dan menjadikan mereka sebagai Duta Perpustakaan yang akan mendorong peningkatan literasi di Universitas Teuku Umar, dan untuk memotivasi mahasiswa menjadi pelopor dalam mempromosikan budaya membaca. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan pengakuan sebagai Duta Baca Perpustakaan Universitas Teuku Umar (UTU) dan total hadiah sebesar Rp15 juta dalam bentuk barang, seperti smartphone, dan lainnya.

References

Ali, M., Askan, A., Rukslin, R., Mufidah, W., & Parwanti, A. (2022). Metode Asset Based Community Development.

Astutik, F. D. Y., Kharismasari, A., Laksono, T. B. S. A., Santoso, I., & Chusyairi, A. (2019). E-Library Peminjaman dan Pengembalian Buku Berbasis Web dengan Metode Prototipe. JTIM?: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 254–260. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.45

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/JAP.V2I1.6990

Fatmawati, E. (2021). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.46682

Fitriarti, E. A. (2019). Urgensi Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax Informasi Kesehatan Di Era Digital. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 219. https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6929

Fitriyani , F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/ELMUJTAMA.V2I2.1088

Hetilaniar, Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 13(1), 44–54. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11936

Irfani, I. D. Al, & Sholeh, M. (2022). Manajemen e-library dalam menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1172–1184. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44155

Ismail Suwardi Weke. (n.d.). Metode Pengabdian Masyarakat?: Dari Rancangan ke Publikasi. Retrieved October 31, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Pengabdian_Masyarakat_Dari_Rancan/lxaMEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+Pengabdian+kepada+masyarakat&pg=PA102&printsec=frontcover

Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 19. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2894

Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40–47.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514

Sonah, S., Nurdyansyah, N., & Ruchana, S. (2020). Improvement of Library Services through Friends of the Ambassador Mier. Proceedings of The ICECRS, 6(0). https://doi.org/10.21070/icecrs2020427

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Weltin, H., & Schultz, N. G. (2019). Communities of practice as a professional development tool for management and leadership skills in libraries. Library Leadership and Management, 33(3), 1–12. https://doi.org/10.5860/llm.v33i3.7347

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Hardianty, S. . (2023). PENJURIAN KOMPETISI DUTA BACA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TEUKU UMAR TAHUN 2023. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10300–10307. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20255