PENJURIAN KOMPETISI DUTA BACA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TEUKU UMAR TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20255Keywords:
Penjurian, Kompetisi, Duta Baca, Literasi, Perpustakaan, Universitas Teuku UmarAbstract
Kompetisi Duta Baca Perpustakaan Universitas Teuku Umar Tahun 2023 adalah sebuah ajang tahunan yang bertujuan untuk mendorong minat baca di kalangan mahasiswa. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang memiliki kegemaran dalam membaca dan berlangsung sepanjang tahun akademik. Acara ini berlokasi di Universitas Teuku Umar (UTU). Penjurian kompetisi dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari terdiri dari Duta Baca Indonesia, Ketua IPI Aceh dan akademisi STAIN Meulaboh dengan tahapan seleksi administrasi, tes wawancara, tes tulis, pemaparan program kerja. Penjurian dilakukan dengan mengajukan pertanyaan untuk menguji kesiapan, wawasan, dan tingkat literasi calon duta baca, kemampuan berbicara, dan analisis buku yang dibaca. Tujuan dari kompetisi ini meningkatkan minat baca dan menjadikan mereka sebagai Duta Perpustakaan yang akan mendorong peningkatan literasi di Universitas Teuku Umar, dan untuk memotivasi mahasiswa menjadi pelopor dalam mempromosikan budaya membaca. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan pengakuan sebagai Duta Baca Perpustakaan Universitas Teuku Umar (UTU) dan total hadiah sebesar Rp15 juta dalam bentuk barang, seperti smartphone, dan lainnya.References
Ali, M., Askan, A., Rukslin, R., Mufidah, W., & Parwanti, A. (2022). Metode Asset Based Community Development.
Astutik, F. D. Y., Kharismasari, A., Laksono, T. B. S. A., Santoso, I., & Chusyairi, A. (2019). E-Library Peminjaman dan Pengembalian Buku Berbasis Web dengan Metode Prototipe. JTIM?: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 254–260. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.45
Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/JAP.V2I1.6990
Fatmawati, E. (2021). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.46682
Fitriarti, E. A. (2019). Urgensi Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax Informasi Kesehatan Di Era Digital. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 219. https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6929
Fitriyani , F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/ELMUJTAMA.V2I2.1088
Hetilaniar, Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 13(1), 44–54. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11936
Irfani, I. D. Al, & Sholeh, M. (2022). Manajemen e-library dalam menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1172–1184. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44155
Ismail Suwardi Weke. (n.d.). Metode Pengabdian Masyarakat?: Dari Rancangan ke Publikasi. Retrieved October 31, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Pengabdian_Masyarakat_Dari_Rancan/lxaMEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+Pengabdian+kepada+masyarakat&pg=PA102&printsec=frontcover
Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 19. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2894
Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40–47.
Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514
Sonah, S., Nurdyansyah, N., & Ruchana, S. (2020). Improvement of Library Services through Friends of the Ambassador Mier. Proceedings of The ICECRS, 6(0). https://doi.org/10.21070/icecrs2020427
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Weltin, H., & Schultz, N. G. (2019). Communities of practice as a professional development tool for management and leadership skills in libraries. Library Leadership and Management, 33(3), 1–12. https://doi.org/10.5860/llm.v33i3.7347
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Hardianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.