WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PESERTA DIDIK MODEL ADDIE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA PASIRJAYA KECAMATAN CILAMAYA KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Ferianto Ferianto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sayan Suryana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nida’ul Munafiah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alfia Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20219

Keywords:

Instrumen Penilaian, Kompetensi Guru, Model ADDIE

Abstract

Tujuan dari pengabdian pada kegiatan Workshop Pengembangan Instrumen Penilaian Peserta Didik Model ADDIE dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Tingkat Sekolah Dasar di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman peserta, yaitu guru-guru di Sekolah Dasar, tentang model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) serta sebagai peningkatan kompetensi guru salahsatunya kompetensi pedagogi. Peserta akan mempelajari setiap tahap dalam model ini dan bagaimana mengaplikasikannya dalam pengembangan instrumen penilaian peserta didik, Mengembangkan keterampilan pengembangan instrumen penilaian. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu workshop yang diintegrasikan dengan KKN mahasiswa serta dilakukan secara luring (tatap muka). Peserta kegiatan ini adalah peserta didik dari sekolah dasar di desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kabupaten Karawang berjumlah 16 orang. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa hasil pretest wawasan guru sekolah dasar di desa pasirjaya tentang pengembangan instrument penilaian menggunakan model ADDIE memiliki nilai rata-rata 69,45, dan setelah dilakukan pengabdian melalui workshop ini, nilai postest memiliki nilai rata-rata 88,36 serta 95% peserta memberikan tanggapan bahwa kegiatan workshop ini mampu meningkatkan kompetensi guru.

References

Bintari Kartika, S. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102. http://eprints.umsida.ac.id/432/

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Umam, C., & Ferianto, F. (2023). Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 336-344.

Wikrama, M. F., & Ferianto, F. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Umam, C., & Ferianto, F. (2023). Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 336-344.

Delfi Eliza, D. (2022). Jenis-Jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Indonesia Delfi. 6(4), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Ismaniati, C. (2013). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 15. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr. Christina Ismaniati, M.Pd./Penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran.pdf

Lian, B. (2019). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 100–106.

Munafiah, N., & Latif, M. A. (2022). Peran Orang tua pada Kegiatan Screen time Anak Usia Dini. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 23–28. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Rahayu, E. T., Syafrida, R., Ferianto, F., Nurunnabilah, N., & Syahnurmala, H. (2023). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4232-4242.

Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.

Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan pedagogik guru. 1(1), 75–86. https://osf.io/preprints/inarxiv/wnc47/

Undang Undang. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang, 18.

Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113-120.

Bachruddin, R., & Darmiyanti, A. (2023). Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Di SDN Pasirkamuniung I. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 111-120.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Ferianto, F., Suryana, S., Munafiah, N., & Aulia, A. (2023). WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PESERTA DIDIK MODEL ADDIE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA PASIRJAYA KECAMATAN CILAMAYA KABUPATEN KARAWANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10241–10247. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20219