PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA RELIGI NANGKA BEURIT

Authors

  • Wida Nurasyiah Jamilah Universitas Subang
  • Qonita Azmiana Somantri Universitas Subang
  • Irma Firnanda Universitas Subang
  • Wega Shopyani Universitas Subang
  • Debby Syachdilla Universitas Subang
  • Herna Mustika Universitas Subang
  • Susanti Susilawati Nurintan Universitas Subang
  • Adinda Kirana Universitas Subang
  • Refa Octavia Universitas Subang
  • Imas Dayanti Universitas Subang
  • Ade Suparman Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20206

Keywords:

Promosi, Media Sosial, Pengembangan, Desa Wisata, Wisata Religi.

Abstract

Indonesia adalah negara dengan beragam budaya dan pariwisata. Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan perubahan. Desa Sagalaherang Kaler memiliki potensi wisata religi yang belum dimanfaatkan secara optimal melalui media sosial. Situs Cagar Budaya Nangka Beurit beserta para pelaku UMKM merupakan salah satu daya tarik utama, tetapi belum memanfaatkan platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter untuk promosi. Oleh karena itu, ada tiga tahap rencana kegiatan yang mencakup pelatihan pembuatan akun media sosial, seminar digitalisasi pariwisata dan UMKM, serta pengembangan konten Instagram dan Facebook. Ketiga tahap tersebut bertujuan untuk meningkatkan promosi pariwisata religi Nangka Beurit sehingga adanya peningkatan pengunjung. Hasil dari kegiatan ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pengunjung mulai dari bulan Juli sampai September sebesar 38%. Selain itu, dengan meningkatnya pengunjung, para pelaku UMKM juga mengalami peningkatan pendapatan.

References

Ais Tsurayya Mumtaz, M. (2021). Digitalisasi Wisata Di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 15

Cahyadi Saputra Akasse, R. (2023, June 30). Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Pengunjung Di Desa Wisata. Jurnal Socius, Volume 10 Nomor 1 2023, Pp 52-60 (Desa Wisata, Kepariwisataan, Media Sosial, Promosi), 9.

Jawelery Wahyu Ninda Ariesta, B.S., & Muhammad Rizky Awwalul Ramdhan, I. (2023, Juli 03). Peran Mahasiswa Kkn-T Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Desa Losari, Kec. Gondang, Kab. Nganjuk. [Pbmi] Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, Vol.1, No. 3 Juli 2023, Juli.

Https://Doi.Org/10.59031/Jpbmi.V1i3.179

Syaifudin, R. (2021, Desember). Pengembangan Digital Marketing Melalui Media Sosial : Kampung Wisata Pipitan, Kota Serang. Jurnal Wisata Desa, Vol. 3, No. 3, Desember 2021, Pp. 165-171, 7. Doi:10.29303/Jwd.V3i3.151

Tri Sakti Maharani, A. N. (2022, Mei 25). Peran Pokdarwis Dewi Arum Pulosari Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Wisata Pandean Berbasis Bisnis Kreatif. Junal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, Volume 4, Number 10, 2022.7.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Jamilah, W. N., Somantri, Q. A. ., Firnanda, I. ., Shopyani, W. ., Syachdilla, D. ., Mustika, H. ., Nurintan, S. S. ., Kirana, A. ., Octavia, R. ., Dayanti, I. ., & Suparman, A. . (2023). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA RELIGI NANGKA BEURIT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9018–9024. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20206