THE USE OF JAMBOARD IN TEACHING ENGLISH TO INCREASE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ MOTIVATION

Authors

  • Tiyas Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Novi Rahmania Aquariza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Machmudah Machmudah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nur Azizah A.S. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Edi Pujo Basuki Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Imam Achda Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Anita Majidha Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20160

Keywords:

Jamboard, Bahasa Inggris, Motivasi

Abstract

Pendidikan adalah salah satu tonggak kemajuan suatu bangsa. Pendidikan masih menjadi atensi serius di tiap daerah agar mengalami peningkatan. Mutu pendidikan di SMP PGRI 6 di Surabaya sudah baik namun masih perlu terus ditingkatkan terutama dalam hal pembelajaran bahasa Inggris berbasis teknologi yang masih minim. Pembelajaran bahasa Inggris akan jauh lebih menarik jika dikemas dengan perpaduan teknologi dan disajikan kepada siswanya dalam bentuk visual learning. Sebagai solusi, dibutuhkan adanya pendampingan dalam pembelajaran bahasa Inggris secara daring berbasis teknologi dengan menerapkan aplikasi jamboard dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jamboard adalah aplikasi berperangkat lunak yang handal yang dirancang sebagai papan tulis digital yang memudahkan perubahan secara real-time. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini difokuskan pada penerapan aplikasi jamboard dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa SMP PGRI 6 Surabaya. Target sasaran kegiatan PKM ini yaitu pada siswa di sekolah tersebut kelas 7, 8 dan 9 sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan interview. Analisis data dilakukan melalui mendeskripsikan data hasil observasi dan interview. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi jamboard dapat meningkatkan motivasi dalam belajar bahasa Inggris dan penguasaan teknologi siswa SMP tersebut.

References

Buanawaty, Y. G. (2021). Develop Literacy Skills Through Problem Based Learning By Using Google Jamboard Application At Sd Gagasceria, Bandung.

??????????, ?., ?????????, ?., & ??????????, ?. (2019). Interactive Online Google Jamboard: Advantages Of Usage. SWorldJournal, 15–02, 62–65. https://doi.org/10.30888/2663-5712.2022-15-02-024

Hidayat, I. M., Yulianti, R. P., & Siregar, E. S. (2022). Implementasi Jambord Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring. Jurnal Pena Edukasi, 9(1), 25. https://doi.org/10.54314/jpe.v9i1.876

Kang, N. (2022). Promoting EFL Learners’ Proficiency and Motivation via Google Jamboard-based Autonomous Knowledge Sharing. English Teaching, 77(4), 3–27. https://doi.org/10.15858/engtea.77.4.202212.3

Maduwu, B., & Pd, S. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah.

Musriyanti, R., Suherman, A., & Septiyanto, R. F. (2022). Penggunaan Google Jamboard Dalam Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Arus Bolak Balik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(2), 152–160. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/673

Okmawati, M., & Tiarina, Y. (2022). A Comparative Study on the Implementation of Padlet and Jamboard Toward Students’ Motivation. In Z. Zulfadhli, M. Adek, M. Nelisa, & J. Nabila (Eds.), Proceedings of the 5th International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE-5 2022) (pp. 367–375). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-85-5_39

Sweeney, E. M., Beger, A. W., & Reid, L. (2021). Google Jamboard for virtual anatomy education. The Clinical Teacher, 18(4), 341–347. https://doi.org/10.1111/tct.13389

Universitas Muhammadiyah Malang, Khoiriyah, K., Kairoty, N., Universitas Muhammadiyah Malang, Virdhausya Aljasysyarin, A., & Universitas Muhammadiyah Malang. (2022). The use of Google Jamboard for synchronous collaborative reading strategies: The students’ acceptance. VELES Voices of English Language Education Society, 6(1), 52–66. https://doi.org/10.29408/veles.v6i1.5010

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Wuladari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Herdiana, D., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar Di Era Covid-19. 7(2).

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Saputri, T., Aquariza, N. R. ., Machmudah, M., Azizah A.S., N. ., Pujo Basuki, E., Achda, I., & Majidha, A. (2023). THE USE OF JAMBOARD IN TEACHING ENGLISH TO INCREASE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ MOTIVATION . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9104–9110. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20160