WORKSHOP TATA KELOLA KEUANGAN BAGI UMKM SECARA SEDERHANA DAN DIGITAL

Authors

  • Abdul Manap Universitas Jayabaya
  • Andriani Lubis Universitas Jayabaya
  • Riah Ukur Br Ginting Universitas Jayabaya
  • Yusmita Hawari Universitas Jayabaya
  • Lilik Swarnata Angga Buana Universitas Jayabaya
  • Diana Pujiningsih Universitas Jayabaya
  • Yusnindar Yusnindar Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20083

Keywords:

Tata Kelola, UMKM, Keuangan Digital

Abstract

Kabupaten Bogor dengan 35000 UMKM (data Dinas Koperasi dan UMKM 2022), Kecamatan Cibinong adalah salah satu di wilayah Kabupaten Bogor yang memiliki banyak UMKM yaitu 12000 berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian dengan berbagai macam jenis usaha. Dengan jumlah UMKM yang cukup banyak ini, masih sedikit yang mampu dalam mengelola keuangannya dengan benar. Begitupula dengan pengetahuan dan keahlian yang terkait digitalisasi masih minim didapat sehingga membuat pelaporan keuangan sering terkendala terdapat laporannya yang kurang akuntabel. Tujuan Workshop ini melakukan pelatihan dan pendampingan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman UMKM dalam tata kelola keuangan manual dan digital yang lebih baik sebagai pembaruan proses bisnis, model bisnis, dan instrumen keuangan sehingga dapat mengembangkan usaha dengan cara 1) Peningkatan tata kelola dan pencatatan laporan keuangan secara manual. Selanjutnya yang 2) Dengan bantuan media digital meningkatkan keterampilan dan keahlian pengoperasian, sehingga laporan keuangan yang disajikan akuntabel dan terkini. Hasil pelatihan pendampingan UMKM dapat membuat laporan keuangan sederhana dan digital.  Dengan memiliki laporan keuangan UMKM dapat melakukan pengembangan usahanya dengan mencari permodalan dan memasarkan yang terintegrasi secara digital.

References

Achadiyah, B. N. (2019). Otomatisasi pencatatan akuntansi pada UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 188–206.

Andriany, L. M., Murtianingsih, M., Rachmawati, I. K., & Ruspitasari, W. D. (2020). Pelatihan Strategi Bisnis, Pelaporan Keuangan, dan Perpajakan pada CV Safira Media Utama Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i1.229

Anggraeni, Y. N. (2023). Analisis pengelolaan keuangan pada bisnis online Indah Widia Multibeauty di Kabupaten Tulungagung. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 1916–1923.

Dewi, F. P. (2021). Analisis Penerimaan Software Akuntansi Accurate dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada Badan Usaha Non Akademik Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 7(2), 183– 191.

Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan penguatan UMKM Desa Kenongo melalui branding dan legalitas produk di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101.

Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk meningkatkan perekonomian selama pandemi COVID-19 pada saat new normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.

Hafsah, H., & Hanum, Z. (2021). Penggunaan Akuntansi Dalam Menjalankan Usaha Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 307–318.

Hisnul, H., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh Oleh Rahma Di Desa Kendalrejo. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 49–58.

Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. QISTIE, 15(1), 17–31.

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemsaran. Jakarta: Mitra Wacan Media.

-----------------. 2018. Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

-----------------. 2021. Manajemen Kewirausahaan Era Digital. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 147– 162.

Rahayu, P., Suaidah, I., & Wardani, Z. D. (2022). Mampukah Digital Literacy Memengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Smartphone Bagi UMKM? Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 173– 188.

Suarni, A., & Sawal, A. R. (2020). Peran Akuntansi Dalam Rumah Tangga Dan Penerapan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Secara Islami Di Masa Pandemi Covid-19. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 110–129.

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147–153.

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(1), 01–14.

Wulandari, M. M., & Siswanta, A. R. L. (2023). Upaya Pengembangan Kewirausahaan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pasca Covid- 19. Soedirman Law Review, 5(1).

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Manap, A. ., Lubis, A. ., Ginting, R. U. B. ., Hawari, Y. ., Buana, L. S. A. ., Pujiningsih, D. ., & Yusnindar, Y. (2023). WORKSHOP TATA KELOLA KEUANGAN BAGI UMKM SECARA SEDERHANA DAN DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8952–8960. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20083