MENINGKATKAN MOTIVASI WARGA KELURAHAN BAKTIJAYA DEPOK UNTUK MELAKUKAN PENJUALAN MELALUI E-COMMERCE

Authors

  • Anizar Rahayu Universitas Persada Indonesia Y.A.I

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.2006

Keywords:

E-Commerce, Motivasi, Home Industry

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya komputer dan telekomunikasi sangat mendukung pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, terutama kecepatan dalam mengakses informasi sangat menunjang aktivitas bisnis di tahun - tahun terakhir ini. Penggunaan internet dalam bisnis berubah fungsi yang semula sebagai alat pertukaran informasi secara elektronik, berubah menjadi alat untuk mengakses aplikasi strategi bisnis seperti pemasaran, penjualan, pelayanan kepada pelanggan dan sebagainya. Namun demikian pada kenyataannya, masih banyak pelaku bisnis kecil yang menjalankan usahanya dengan cara tradisional, karena itu penyuluhan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang e-commerce dan dorongan semangat kepada ibu-ibu rumah tangga sebagai pelaku usaha home industry. Peserta penyuluhan adalah ibu-ibu rumah tangga warga Kelurahan Baktijaya Depok Jawa Barat yang memiliki usaha rumahan. Materi penyuluhan berupa pengetahuan tentang e-commerce dan motivasi. Hasil yang diharapkan setelah mengikuti penyuluhan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan tentang e-commerce dan peningkatan motivasi peserta dalam mengembangkan usahanya. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu terjadi peningkatan pengetahuan terkait e-commerce dan peserta menjadi termotivasi dalam mengembangkan usahanya melalui e-commers.

Author Biography

Anizar Rahayu, Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Fakultas Psikologi

References

Afandi, M. 2021. E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Covid 19 sebagai Entrepreneur Modern. https://www.researchgate.net/publication/350525033_E-Commerce_dorong_perekonomian_Indonesiaselama_covid_19_sebagai_entrepreneur_modern.

Rosyita, E. 2018. Efektivitas E-commerce dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Komputer “EG Computer†Purwokerto. (Skripsi). Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5065/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Seprina, I., Suroyo, H, dan Komalasari, D. 2018. Pengaruh Efektivitas Penggunaan E-Commerce pada Peningkatan Motivasi Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya Palembang. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. 8(2), p-ISSN 2089-0265, e-ISSN 2598-3016. Hal. 90-96.

Wibowo, E.A. 2014. Pemanfaatan Teknologi E-commece dalam Proses Bisnis. Jurnal Equilibiria. 1(1). Hal. 95 - 108

Downloads

Published

2021-08-23

How to Cite

Rahayu, A. (2021). MENINGKATKAN MOTIVASI WARGA KELURAHAN BAKTIJAYA DEPOK UNTUK MELAKUKAN PENJUALAN MELALUI E-COMMERCE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 525–529. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.2006